Angkat Tema Model Pembelajaran Project Based Gamification Learning (PBGL), Remerta N. Naatonis, S.Kom., M.Cs Raih Gelar Doktor ke-123 Teknologi Pendidikan

fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Program Studi S3 Teknologi Pendidikan (TP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) selenggarakan Ujian Terbuka Promosi Doktor pada Kamis, 12 September 2024 bertempat di Ruang Sidang Lt. 1 Gedung O1.

Ujian ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. bersama keenam penguji lainnya, Prof. Mustaji, M.Pd., Dr. Miftahul Jannah, M.Si., Dr. Hj. Andi Mariono, M.Pd., Dr. Utawi Dewi, S.Sn., M.Pd., Dr. Rindawati, M.Pd., serta Promotor, Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.

Promovendus, Remerta N. Naatonis, S.Kom., M.Cs menampilkan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Problem Based Gamification Learning untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di STIKOM Uyelindo Kupang”.

Dalam kesempatannya, promovendus mengungkapkan latar belakang dari penelitian yang dilakukannya, “Abad 21 terjadinya perubahan besar terhadap keterampilan atau kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa masih rendah,” ungkapnya. Sehingga variabel ini menjadi masalah pokok dan perlu solusi berupa inovasi baru.

Melalui disertasinya, Remerta N. Naatonis, S.Kom., M.Cs., menghasilkan sebuah model pembelajaran baru yaitu PBGL (Project Based Gamification Learning) yang mana menjadi keluaran baru yang teruji layak. PBGL merupakan perpaduan Project Based Learning dan Gamification.yang nantinya akan diterapkan pada mata kuliah pemrograman untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa.

Promovendus berharap model inovasi dari disertasinya dapat diimplementasikan sehingga bisa mengatasi persoalan atau permasalahan pembelajaran mahasiswa.

HASIL KEPUTUSAN PENGUJI

Remerta N. Naatonis, S.Kom., M.Cs., dinyatakan lulus setelah berhasil memaparkan disertasi serta menjawab pertanyaan seluruh penguji. Ia berhasil menjadi Doktor ke-123 bidang Teknologi Pendidikan dengan IPK 3.91 dan nilai disertasi 88,5. Tidak hanya itu, Remerta N. Naatonis, S.Kom., M.Cs., berhasil mempublikasi artikel terindeks Q1 serta berkesempatan mendapat Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Penulis: Dede (PGSD), Rifda (PG-PAUD)

Dokumentasi: Dede (PGSD)