fip.unesa.ac.id SURABAYA – Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA), menggelar Seminar Deep Learning dengan tema “Pembelajaran Mendalam pada Aspek Sosial Karakter Anak dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Penerapan Literasi dan Numerasi”. Bertempat di Aula Gedung BPPG lantai 9 UNESA Kampus Lidah Wetan, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan.
Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya deep learning dalam proses pendidikan, khususnya dalam pembentukan memori jangka panjang. “Suatu informasi akan bersifat jangka panjang jika individu yang menerima informasi tersebut berada dalam kondisi konsentrasi atau deep,” tuturnya.
Materi pertama disampaikan oleh Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D. yang menyoroti pentingnya suasana kelas yang aman dan mendukung.
Wanita lulusan Ohio University tersebut menyampaikan bahwa deep learning hanya dapat terjadi ketika siswa merasa dihargai dan tidak takut untuk bertanya atau menjawab, bahkan ketika mereka belum sepenuhnya benar. Sering kali, respon siswa yang kurang tepat justru menjadi candaan yang tanpa disadari menekan keberanian siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Ia juga memaparkan bahwa deep learning memiliki tiga elemen utama, yaitu meaningful learning, mindful learning, joyful learning.
Materi selanjutnya disampaikan oleh CEO Smartick Indonesia, Galih Sulistyaningra, mengangkat topik tantangan literasi dan numerasi di tengah perkembangan budaya digital. Ia menjelaskan bahwa anak-anak masa kini sangat terpengaruh oleh paparan informasi cepat melalui video pendek yang pada memengaruhi cara mereka menyerap dan memproses informasi.
Menurutnya, kecakapan literasi tidak hanya tentang kemampuan membaca atau menulis secara teknis, tetapi juga mencakup proses berpikir yang kompleks.
Melalui seminar ini, diharapkan audiens mendapatkan pemahaman tentang pentingnya merancang pembelajaran yang bukan hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga pada proses yang berkesan dan menyenangkan.
Penulis: Florencya Agatha (MP)
Editor: Fadilla (PGSD)
Dokumentasi: Aida (TP)