Yudisium 101 Siap Bergerak Serentak Untuk membangun Indonesia Maju


(08/07/2021) Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan acara Yudisium Ke-101 secara live teleconference melalui aplikasi Zoom. Yudisium ke-101 ini mengusung tema Yudisiawan Ke-101 Siap Bergerak Serentak Untuk Membangun Indonesia Maju. Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Mochamad Nursalim, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Wagino, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd., dan Ketua Jurusan Selingkung Fakultas Ilmu Pendidikan, peserta Yudisiawan, dan beberapa wali mahasiswa berprestasi.


Dalam Surat Keputusan Penetapan Yudisium periode ke-101 Tahun 2021 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya menetapkan peserta Yudisium Periode ke-101 Fakultas Ilmu Pendidikan sejumlah 333 sarjana yang terdiri dari Mahasiswa Program S-1 Bimbingan dan Konseling sejumlah 39 Mahasiswa, S-1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan sejumlah 28 Mahasiswa, S-1 Pendidikan Luar Sekolah sejumlah 46 Mahasiswa, S-1 Pendidikan Luar Biasa sejumlah 32 Mahasiswa, S-1 Psikologi sejumlah 20 Mahasiswa, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar sejumlah 92 Mahasiswa, S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini sejumlah 15 Mahasiswa, dan S-1 Manajemen Pendidikan sejumlah 62 Mahasiswa.


Sebagai bentuk apresiasi kepada para lulusan berprestasi, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik di setiap jurusan dengan memberikan piagam penghargaan. Selain itu FIP Unesa juga memberikan penghargaan dalam bentuk uang pembinaan kepada mahasiswa berprestasi di tingkat fakultas, baik prestasi dalam bidang akademik maupun non akademi. Peraih prestasi dalam bidang akademik dengan IPK tertinggi tingkat fakultas yaitu Ika Fitri Mahmuda dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, disusul oleh Anisha Ayu Lestari dari Jurusan Manajemen Pendidikan yang meraih peringkat kedua, dan Ega Deva Nurusyifa Hartono dari Jurusan Pendidikan Luar Biasa yang meraih peringkat ketiga. Prestasi dalam bidang non akademik diraih oleh I Gusti Ayu Agung Istri risna Prajna Devi dari jurusan Psikologi, Andri Nova Afrizal dari jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, dan Dewi Novita Sari dari jurusan Pendidikan Luar Sekolah.


Salah satu lulusan terbaik yaitu Ika Fitri Mahmudha dalam sambutannya menyampaikan Terima kasih kepada seluruh dosen yang telah memberikan ilmu, mendidik dan membimbing selama masa perkuliahan. Ika mengajak rekan-rekannya untuk tetap belajar dan mendedikasikan ilmu yang telah diperoleh bagi bangsa. Menurut Ika, tantangan sebagai sarjana pendidikan yaitu untuk menemukan jembatan yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi. Resiko yang dihadapi sama maka dari itu diperlukan kerja sama. Tidak lupa Ika juga menyemangati rekan-rekannya untuk tetap berjuang.


Selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu Dr. Mochamad Nursalim, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Orang hebat itu tidak dbentuk oleh kenyamanan, namun tumbuh besar dari kesulitan dan tantangan yang dihadapi dengan baik. Orang hebat tidak melihat kesulitan sebagai masalah, tetapi sebagai peluang untuk menempa diri, membentuk jati diri, dan mengembangkan diri agar menjadi lebih baik. Bapak Nursalim juga menyampaikan ucapan selamat dan pesan kepada Yudisiawan dan Yudisiawati agar tetap semangat belajar dan mengembangkan diri. Percaya bahwa lulusan FIP berkarakter, unggul dan berprestasi dengan dibuktikan melalui karya dan berkontribusi bagi bangsa dan Negara. Tidak lupa tetap menjaga nama baik keluarga dan almameter di manapun berada.



Acara Yudisium diakhiri dengan pembacaan doa oleh Dr. Karwanto, S.Ag., M.Pd. dan penutupan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu Dr. Mochammad Nursalim, M.Si. (Rrp)