Webinar Nasional Dalam Rangka Bulan Pendidikan 2022


Fip.unesa.ac.id, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya mengadakan webinar nasional dalam rangka bulan Pendidikan. Webinat nasional tersebut mengusung tema How Technology Development For Education ? yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022. Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi merupakan hal penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, oleh karena itu Webinar ini bertujuan agar para generasi muda dapat memanfaatkan Teknologi dengan baik secara optimal agar tidak tertinggal di Era 5.0 saat ini.
Dalam sambutannya, Ahmad Satrio Pringgodani selaku Ketua Pelaksana menyebutkan bahwa Webinar Pendidikan Nasional ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Webinar Ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan. Harapan nya, webinar kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang Teknologi dan juga Pendidikan bagi para peserta. Jundu Muhammad selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan juga menambahkan bahwa saat ini pendidikan merupakan centre dari segala hal, dimana pendidikan tidak boleh tertinggal dengan kemajuan teknologi di era saat ini selaras dengan tujuan dari Webinar Pendidikan Nasional kali ini.
Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes., Rektor Universitas Negeri Surabaya menyampaikan bahwa Webinar Pendidikan Nasional ini merupakan Ikhtiar bersama untuk memajukan Pendidikan yang ada di Indonesia. Rektor Universitas Negeri Surabaya tersebut menyampaikan bahwa Generasi muda saat ini harus mampu berkreatifitas dan berinovasi dalam Era 5.0 saat ini. Generasi muda harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan selalu berkreasi dan berinovasi dalam hal pendidikan dan teknologi Ucap beliau.
Materi Petama disampaikan oleh Ketua Jurusan Kurikulum Tekonologi Pendidikan Dr. Andi kristanto S.Pd, M.Pd tentang E-learning Dengan Pendekatan Konstruktivistik, dikarenakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P sedang berhalangan untuk hadir. Sesuai dengan Visi Pendidikan Indonesia 2035 untuk membangun rakyat Indonesia menjadi seorang pembelajar seumur hidup yang unggul, menyebabkan kita mau tidak mau harus siap menjadi pribadi yang mampu menerima ilmu dimanapun dan kapanpun, ujar beliau.
Materi Kedua tentang Inovasi Teknologi Untuk Indonesia Maju disampaikan oleh Dr. H. Aidy Furqan S.Pd., M.Pd. yang mewakili Gubernur Nusa Tengga Barat (NTB). Beliau menyampaikan bahwa Inovasi-Inovasi di dalam Nusa Tenggara Barat di dasarkan pada Indrustial yang sedang berkembang di Nusa Tenggara Barat saat ini. Inovasi-Inovasi yang kami lakukan disini berpatok pada segala macam Industrial yang ada di NTB. Ada banyak Produk dan Program yang telah kami kembangkan di Daerah kami . Ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.
Akhir dari Webinar yang telah dilaksanakan Oleh Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan ini, diharapkan dapat menjadi awal permulaan yang baik untuk diadakan nya Webinar yang lain selanjutnya baik dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Sendiri, maupun dari Jurusan Jurusan lain di Fakultas Ilmu Pendidikan.
Penulis : Vika Amalina dan Moh Farid Nur Fahruddin
Editor : Siti Riska Umami