Tingkatkan Publikasi Karya Ilmiah, FIP Helat Pelatihan Penulisan Artikel


FIP.Unesa.ac.id, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP Unesa) menghelat Pelatihan Karya Ilmiah dengan Rumah Scopus di Hotel Namira, Surabaya. Kegiatan yang di isi dengan penjelasan teori dan praktik itu dihadiri oleh Dekanat, Professor, dan Jajaran Prodi pada 15-17 April 2022. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Mochammad Nursalim, M.Si menyatakan bahwa sumber daya manusia FIP Unesa harus berpikir ke depan dengan memiliki visi yang terukur. Oleh karena itu, dengan tuntutan zaman yang ada, segenap civitas akademika FIP harus memiliki persiapan yang matang untuk jenjang jabatan yang lebih tinggi.

Pengumuman Pendaftaran Program Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dikti  Ristek Tahun 2022


Dr. Jumintono Suwardi Joyo Sumarto, M.Pd, Presiden Rumah Scopus menuturkan bahwa dengan tingkat kesulitan yang tinggi dari penelitian lainnya, lakukan dengan bertahap. Dengan alat-alat dan akses yang berbasis digital, gunakan sebagai acuan untuk menyusun jurnal agar lebih mudah ucapnya. Lebih lanjut, dia menekankan bahwa awal pelaksanaan menulis memang sulit dan dengan data-data yang kompleks. Oleh karenanya, sikap optimis dan komitmen yang tinggi itu harus selalu diimplementasikan dan hindari stigma-stigma negatif yang menguras tenaga dalam menulis.
Kemudian Dr. Fadilah Umar, S.Pd.,M.Or.,AIFO-P, Trainer Scopus turut memberikan pengarahan bahwa dengan panduan PAK (Penilaian Angka Kredit) dosen tahun 2019, dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya dosen, mengedepankan adaptasi dan kolaborasi. Dia mengapresiasi atas langkah cepat FIP dalam menyelenggarakan pelatihan scopus dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Di zaman ini, mau tidak mau seluruh PNS harus memiliki artikel yang terindeks scopus imbuhnya.
Acara diawali dengan penentuan topik dan judul, pemilihan kata kunci, aktivasi applikasi, menyusun artikel sesuai anatomi, tips dan trik memilih jurnal hingga finalisasi paper.
Penulis : Siti Riska Umami
Editor : Siti Riska Umami