Tingkatkan Publikasi Dosen, FIP Unesa Adakan Workshop Publikasi Pada Jurnal Terindeks Scopus


Kamis, 8 April 2021, Fakultas Ilmu Pendidikan menyelenggarakan workshop bertemakan Workshop Penulisan dan Publikasi Pada Jurnal Internasional Terindeks Scopus Fakultas Ilmu Pendidikan yang diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting. Peningkatan jumlah publikasi dari hasil riset akan memberikan ruang bagi Perguruan Tinggi untuk lebih cepat mewujudkan Perguruan Tinggi berpredikat World Class University. Sejalan dengan itu, FIP Unesa masih terus memperkaya para dosen dengan memberikan banyak ilmu yang berkaitan dengan jurnal internasional. Pada Workshop kali ini FIP Unesa menghadirkan 3 pemateri yang berpengalaman yaitu Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc. Ed., Ph.D, dosen Universitas Jambi, Ali Formen, S.Pd., M.Ed., Ph.D., dosen PG-PAUD Universitas Negeri Semarang, dan Prof. Budiyanto, M.Pd., dosen Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya.


Materi pertama disampaikan oleh Prof Amirul M, yang menyampaikan tentang penulisan judul pada jurnal. Menurut Prof Amirul, cara termudah membuat judul adalah melihat pola judul yang sudah ada (diterbitkan) sesuai dengan jurnal yang dituju. Tak hanya memberikan materi tertulis, Prof Amirul juga memberikan contoh langsung jurnal-jurnal berbayar maupun gratis namun berkualitas. Prof Amirul memberikan sebuah contoh yaitu DergiPark, yang sudah terindeks Scopus dan cepat reviewnya serta berkualitas.
Materi kedua disampaikan oleh Ali Formen, S.Pd., M.Ed., Ph.D., dosen PG-PAUD Universitas Negeri Semarang. Beliau merupakan Pendiri dan Editor in-Chief Indonesian Journal of Early Childhood Education/Studies serta menjadi reviewer jurnal internasional. Menurut Pak Ali Formen, hal yang terpenting untuk menerbitkan jurnal adalah tidak boleh takut untuk membacakan tulisan kepada mitra dan integrasikan minat menulis dengan tanggung jawab mengajar.
Materi terakhir disampaikan oleh Prof. Budiyanto, M.Pd. berjudul Kiat Menembus Jurnal Internasional Bereputasi. Beliau menyampaikan nilai-nilai kebaruan (novelty) dan bagaimana mengetahui tingkat novelty dalam karya kita. Para dosen sangat antusias pada workshop kali ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Para pemateri juga berbagi pengalaman dengan berbagi tips untuk penulisan dan publikasi jurnal internasional.