Tim PKM FIP Unesa Tingkatkan Literasi Siswa di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo melalui Aplikasi Aksaranesia.co


fip.unesa.ac.id – Kamis, 19 Agustus 2021, prestasi kembali diraih oleh mahasiswa FIP Unesa dalam gelaran Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021. Salah satu tim yang lolos dalam skema PKM-PM mengusung misi pengabdian kepada masyarakat dalam membantu sekolah meningkatkan budaya Literasi di masa pandemi. Adapun tim PKM tersebut diketuai oleh Cahyo Febri Wijaksono (S1 Manajemen Pendidikan); Shela Dwi Widhya Sari (S1-Manajemen Pendidikan); Achmad Adil Masum (S1-Desain Komunikasi Visual); Cyntia Putri (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia); dan Aulia Dwi Saputri (S1-Sistem Informasi). Tim PKM-PM ini dibimbing oleh Aditya Chandra Setiawan, S.Pd., M.Pd (S1-Manajemen Pendidikan).


Judul yang diangkat dalam PKM-PM ini yaitu Aplikasi Aksaranesia.Co Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah Bagi Peserta Didik Sma Negeri 1 Waru Sidoarjo. Aksaranesia.co merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang dirancang khusus untuk mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah. Pada halaman utama aplikasi, terdapat tampilan profil peserta didik dengan fitur untuk menulis status singkat, menyimpan daftar bacaan, dan mempublikasikan cerita.


Bersama mitra SMAN 1 Waru Sidoarjo, proses pengawasan yang dilakukan adalah dengan menggunakan sistem pengumpulan poin. Setelah membaca sebuah buku di perpustakaan Aksaranesia.co, peserta didik mendapatkan poin atas aktivitas literasinya. Peserta didik yang menulis juga mendapatkan poin. Jumlah poin itulah yang akan dijadikan sebagai alat ukur kelulusan GLS. Agar peserta didik semakin tertarik, Aksaranesia.co juga akan mengadakan awarding pada tiap akhir semester bagi pemilik poin terbanyak (acs).