Tim PKM Center FIP Unesa Dampingi Mahasiswa Persiapkan Proposal PKM


FIP.Unesa.ac.id, Surabaya Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa menyelenggarakan Coaching Clinic Proposal PKM Tahun Pendanaan 2022 via Zoom Meetings pada Jumat (04/03/2022). Sebanyak 140 tim PKM dan narasumber yang merupakan dosen-dosen yang tergabung dalam TIM PKM Center FIP Unesa serta Alumni PIMNAS ikut berpartisipasi dalam acara ini.
Koordinator Tim PKM Center FIP Unesa, Nurchayati, S.Psi., M.A., Ph.D., menyampaikan bahwa kegiatan Coaching Clinic Proposal PKM ini merupakan rangkaian dari coaching yang sudah dilaksanakan bulan Oktober 2021 lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para tim PKM FIP dalam memperbaiki proposal PKM pada coaching sebelumnya. Selain itu, pendampingan ini juga ditujukan agar proposal yang dikirimkan dari tim PKM FIP dapat bersaing dengan fakultas lain pada seleksi tingkat Universitas.
Pada pelaksanaannya, peserta pendampingan yakni tim-tim PKM masuk ke dalam breakout room yang dibagi menurut dosen pendamping. Di dalam breakout room, mahasiswa menyajikan proposalnya untuk kemudian diberi evaluasi dan masukan oleh dosen pendamping.
Kemudian, dalam wawancara lanjutan, Nurchayati, S.Psi., M.A., Ph.D., menuturkan bahwa sejauh ini sudah ada 75 judul dari tim Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 17 judul dari tim Jurusan Manajemen Pendidikan, 15 judul dari tim Jurusan Psikologi, 11 judul dari tim Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), 9 Judul dari tim Jurusan Pendidikan Luar Biasa, 7 judul dari tim Jurusan Bimbingan dan Konseling, dan 5 judul dari tim Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang telah terdata oleh Tim PKM Center FIP Unesa.
Beliau juga menuturkan bahwa di masa mendatang, pendampingan yang dilakukan oleh Tim PKM Center FIP Unesa ini akan masih berlanjut untuk tim yang dapat lolos seleksi tingkat nasional atau PIMNAS.
Kita berharap, target kita adalah lebih banyak proposal (PKM dari) FIP yang bisa masuk ke PIMNAS. Jika pada tahun 2021 kemarin yang masuk ada 2 tim, tahun ini (ditargetkan) minimal 3 tim. Dan saya sangat optimis mahasiswa FIP mampu karena kita punya sumber daya yang cukup untuk bisa meraih prestasi itu, pungkasnya.
Penulis: Sita Prasidha