Sambut Visiting Lecture Bersama UNJ, FIP UNESA Gelar Kuliah Tamu dengan Prodi Pendidikan Luar Biasa Perdalam Wawasan Sistem Komunikasi pada Anak Tunarungu

fip.unesa.ac.id – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) gelar Visiting Lecture bersama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Visiting Lecture ini bertujuan untuk memperkuat dan berbagi pengetahuan serta pengalaman akademik lintas Universitas. Tidak hanya itu, Visiting Lecture juga menggelar  kuliah tamu khusus pada program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dengan membagikan wawasan tentang “Sistem Komunikasi Anak Tunarungu” yang diadakan secara hybrid dengan menghadirkan seorang narasumber dari UNJ Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd, pada Rabu, 25 September 2024.

Pembukaan Visiting Lecture diawali dengan sambutan dari Dekan FIP oleh Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si,. Melalui sambutannya ia mengatakan sangat senang dengan rombongan dari UNJ “Kami harap dalam waktu dekat dapat melakukan Visiting Lecture juga pada Universitas Negeri Jakarta” tuturnya.

Selanjutnya sambutan dilakukan oleh Dr. Murni Winarshin, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ). Melalui sambutannya ia merasa senang dapat hadir di FIP UNESA. Ia juga mengatakan bahwa FIP UNESA menjadi target nasional UNJ dalam melakukan Visiting Lecture. “Saya berharap kegiatan ini berlanjut kepada penulisan buku bersama, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan kemahasiswaan lainnya” tutur dekan FIP UNJ

Setelah sambutan oleh pimpinan, kegiatan berlanjut pada kuliah tamu yang diadakan di Gedung O6 lantai 4 pada Program Studi Pendidikan Luar Biasa, kuliah tamu tersebut dihadiri oleh para mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) angkatan 2023 dan 2024. Kuliah tamu kali ini menghadirkan Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd sebagai narasumber, melalui pemaparannya ia membagikan wawasan mendalam tentang sistem komunikasi pada anak dengan hambatan pendengaran.

Para Mahasiswa PLB FIP UNESA, sangat bersemangat mengikuti paparan materi dari Prof. Dr. Totok Bintoro, M.Pd,. Mereka mendapatkan wawasan mengenai klasifikasi hambatan bahasa pada anak dengan hambatan pendengara. Selain itu, melalui pemaparan materinya ia mengajak Mahasiswa untuk berlatih menggunakan bahasa isyarat serta memperdalam wawasan terkait kurikulum pendidikan anak dengan hambatan pendengaran.

“Semoga kuliah tamu tadi dapat membantu Mahasiswa dalam memperdalam pengetahuan serta memajukan kualitas Mahasiswa dalam menangani anak dengan hambatan pendengaran” harapnya.

Penulis: Khesya (TP), Lina (PLB), Fadillah (PGSD)

Dokumentasi: Mustika (BK), Ghaniya (TP), Wahyu (BK), Jerry (BK), Titan (PLB)