Program Pengabdian Kepada Masyarakat : Implementasi Digital Library pada Yayasan Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk


Nganjuk (19/9/2019), Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat kita di tuntut untuk selalu mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal. Secara Khusus bidang Pendidikan juga harus ikut serta dalam mengiringi perkembangan Teknologi. Universitas Negeri Surabaya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat menyelenggarkan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Program PKM diketuai oleh Mohammad Syahidul Haq, M.Pd dengan Anggota Bambang Dibyo Wiyono M.Pd. menyelenggarakan Pelatihan Implementasi Pemanfaatan Digital Library Pada Pondok Pesantren Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2019 di Auditorium Yayasan Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk.
Yayasan Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk merupakan sebuah Lembaga Pendidikan berbasis Keagamaan yang mempunyai beberapa unit Pendidikan antara lain : Pondok Pesantren Madin, TK/RA MI, MTS. Kegiatan dibuka oleh Ketua Yayasan Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk selanjtnya diikuti penyampian materi oleh Mohammad Syahidul Haq, M.Pd dan Bambang Dibyo Wiyono, M.Pd. Dalam pelatihan diikuti oleh beberapa pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Yayasan Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk yang terdiri dari 30 orang. Dalam materinya disampaikan bahwa Digital Library merupakan sebuah kebutuhan bagi semua unit Pendidikan untuk senantiasa menumbuhkan budaya literasi.
Kegiatan selanjutnya adalah mengembangan digital library pada Yayasan Al-Aziz Jatisawahan Nganjuk mulai dari instalasi sampai dengan evaluasi aplikasi. Dengan adanya pelatihan ini diharapakan para santri dapat memanfaatkan digital library secara online tanpa terbatas ruang dan waktu (hq)