Mimbar Ilmiah Jilid 2 : Kontribusi Keilmuan Prodi dalam Menguatkan Ilmu Pendidikan


FIP.Unesa.ac.id,Fakultas Ilmu Pendidikan kembali mengadakan Mimbar Ilmiah dengan Tema Kontribusi Bidang Keilmuan Berbasis Prodi Terhadap Penguatan Ilmu Pendidikan dalam rangka Dies Natalis Unesa ke-58 yang bertempat di Auditorium Gedung 01 lantai 2 FIP, Lidah Wetan pada Jumat 24 Juni 2022. Acara ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa selingkung FIP Unesa, dan beberapa narasumber seperti Dr. Elisabeth Christina, S.Pd., M.Pd, M. Nurul Ashar, S.Pd., M.Pd, Dr. Damayanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si, dan Dr. Ruqoyyah Fitri, S. Ag., M.Pd.
Dosen Bimbingan Konseling Dr. Elisabeth Christina, S.Pd., M.Pd menuturkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cognitive reappraisal di era saat ini Seperti emosi, bullying , dan nilai rukun dalam budaya jawa. Ia menuturkan juga ada beberapa aspek nilai rukun yang harus diperhatikan dalam cognitive reappraisal yaitu Menjaga keterhubungan, Menjaga keharmonisan, Mengelola konflik, dan Bersikap peduli.
M. Nurul Ashar, S.Pd.,M.Pd, Dosen Pendidikan Luar Biasa menjelaskan tentang Universal Design For Learning : Masa Depan Pendidikan Inklusif di Indonesia ? Bahwa di Indonesia Sekolah Inklusif sangat sulit dijangkau oleh beberapa masyarakat yang tidak berdomisli di kota. Dengan adanya UDL (Universal Design For Learning) ini dapat membantu pendidik maupun masyarakat untuk meningkatkan kualitas anak ABK baik didalam kelas maupun diruang lingkup masyarakat. Ada beberapa sekolah yang ada di Gresik sudah menerapkan UDL ini dengan mendirikan sekolah inklusif bersamaan dengan sekolah regular.
Dr. Damayanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si, Dosen Psikologi menuturkan bahwa generasi milenal harus memanfaatkan teknologi dan informasi dengan baik agar dapat melakukan aktivitas menjadi sangat mudah, instan serta update dengan informasi terkini. Banyak generasi milenal pada zaman ini lebih suka belajar melalui media elektronik daripada media yang lainya seperti membaca buku elektronik, dan mendengarkan podcast pendidikan.
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd, Dosen Pendidikan Guru PAUD mengungkapkan ada beberapa karakteristik kurikulum merdeka di PAUD seperti : (1) Bermain Bermakna (2) Scholl Readiness (3) Literasi Numerasi (4) Profil Pelajar Pancasila (5) Asesmen Flexsibel (6) Asesmen tindak lanjut (7) Pelibatan Orang Tua.
Penulis : M.Farid
Editor : Hirnanda Dimas Pradana