Mantapkan Perkuliahan Daring, FIP UNESA Helat Pelatihan Pembelajaran Daring V-Learning Bagi Dosen dan Mahasiswa


(30/08/2021) Fakultas Ilmu Pendidikan menggelar pelatihan pembelajaran daring melalui V-Learning (Vinesa) bagi seluruh dosen selingkung fakultas ilmu pendidikan, dalam pembelajaran daring di era pandemi sebagai upaya penyempurnaan perkuliahan berbasis online di lingkungan kampus. Pelatihan pembelajaran daring V-Learning dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 04 September 2021 dengan bertemakan Program FIP Goes for Virtual Learning 5.0 dalam upaya meningkatkan literasi digital pada dosen dan mahasiswa. Dengan menghadirkan pemateri Bapak Dr. Alim Sumarno, M.Pd., Ibu Dr. Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc. dan Bapak M. Syahidul Haq, S.Pd. M.Pd. yang dipandu oleh Bapak M. Nurul Ashar, M.Ed.
Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. yang memberikan sambutan pembuka, tanda dimulainya kegiatan. Dalam sambutannya Bapak Nursalim (sapaan akrabnya) menyampaikan bahwasanya mengharapkan para dosen FIP sudah mengisi V-Learning (Vinesa). Bapak Nursalim juga berpesan agar para dosen menyiapkan perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Penggunaan Vinesa sendiri pada akhir-akhir ini sudah sangat sering dilakukan. Tercatat sekitar 600.000 vinesa dibuka oleh dosen dan mahasiswa. Hal ini membuat Unesa tercatat di urutan nomor satu dalam penggunaan Virtual Learning. Bapak Nursalim menyampaikan Penggunaan Vinesa juga perlu ditingkatkan tidak hanya sering diakses saja, namun juga perlu diperbarui isi konten didalamnya seperti pengisian materi perkuliahan dan lain sebagainya.
Pada materi pertama Ibu Dr. Irena Yolanita Maureen, S.Pd., M.Sc. menjelaskan tentang RPS matakuliah, metode, dan model pembelajaran. Dilanjutkan dengan pemateri kedua Bapak Dr. Alim Sumarno, M.Pd. yang menjelaskan tentang bagaimana menggunakan V-Learning (Vinesa). (Xna/Rrp)