Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidika Unesa Adakan Webinar Internasional


FIP.Unesa.ac.id. , Surabaya, Kamis, 20 Oktober 2022. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Mengadakan Webinar Internasional dengan tema Transforming Education Through Indegenous Knowledge. Webinar Internasional tersebut dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting, dan mengundang beberapa narasumber luar biasa, baik dari Luar Negeri maupun dari dalam Negri. Narasumber yang hadir dalam webinar internasional tersebut diantaranya adalah Nell Taylor, seorang Communities Manager, Anthropologist Terra Rosa Consulting, dari Australia. Donne Jone P Sodusta, Ph.D., Universitas Visayas Filipina dan Mangaratua Simanjorang, Ph.D., dari Universitas Negeri Medan.
Pada pembuka acara, wakil dekan bidang akademik Dr. Wagino, M.Pd memberikan beberapa kata sambutan dan menyampaikan bahwa webinar internasional kali ini merupakan suatu kegiatan luar biasa yang diharapkan dapat terlaksana kembali kedepannya. webinar kali ini sangat menarik, karena ruang lingkup nya di kancah internasional dengan para Narasumber yang luar biasa. Semoga webinar internasional kali ini dapat mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi kita semua. Ujar beliau.
Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh ketiga Narasumber yang hadir. Narasumber Pertama yaitu Nell Taylor membawakan materi tentang Indigenous Knowledge and Transformative Practice, yang membahas tentang tim pembantu suku aborigin. Materi yang kedua yaitu Rethingking Mainstream Educations Relationship with Indegenous Knowledge : Challenges and possibilities , disampaikan oleh Donne Jone P Sodusta, Ph.D dan membahas tentang Inang Kalikasan atau Mother Nature di Filipina. Materi yang ketiga sekaligus menjadi materi yang terakhir disampaikan oleh bapak Mangaratua Simanjorang, Ph.D., tentang Kearifan Lokal Indonesia.
Dengan dilaksanakan nya webinar internasional ini, menjadi salah satu bukti bahwa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya akan selalu berkembang maju dalam berbagai aspek dan akan selalu menyelenggarakan berbagai macam kegiatan luar biasa yang mendatangkan banyak manfaat di kemudian hari.
Penulis : Vika Amalina
Editor : Hirnanda Dimas Pradana