FIP UNESA Memanggil Para Alumni yang Siap Sukses di Dunia Usaha


Temu Alumni FIP berlangsung pagi ini, (8/8) melalui platform Zoom Meeting dengan lancar. Acara yang menarik dan bermanfaat bagi para alumni FIP Unesa ini dihadiri oleh alumni dari masing-masing prodi di FIP, mayoritas dari tahun kelulusan 2018-2021. Topik pembahasan webinar ini adalah tips and trick lolos PNS dan pengembangan karir jurusan kependidikan (non-keguruan). Terlihat antusias para alumni mengikuti webinar ini karena banyaknya peserta yang mengikuti acara ini dan menyampaikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Diakhir pemaparan materi, diberikan kesempatan untuk tracer study setiap prodi.
Materi pertama disampaikan oleh Athi’ Fidayati Ningsih, S.Pd kini bekerja dalam Ditsuslat sebagai Pengelola Kurikulum. Beliau menyampaikan bahwa ”preparation makes perfect” adapun persiapan yang dilakukan oleh Athi’ dan menurutnya sangat berpengaruh pada keberhasilannya lolos CPNS adalah amalan, usaha dan juga doa orang tua. Selain itu, Athi’ mengingatkan untuk jangan melupakan passion, walaupun berada di instansi tertentu.



Selain menjadi CPNS, fresh graduate juga bisa menciptakan peluang pekerjaan baru, yaitu dengan berwirausaha. Selanjutnya, materi kedua dipaparkan oleh Mohammad Syahidul Haq, M.Pd. selaku Dosen MP Unesa dan juga Owner Fathan Media. Fathan Media memiliki cabang usaha: gift shop, wedding organizer, catering, persewaan alat pesta, photography, decoration, ini sby (media partner) yang saling berkaitan.
Beliau menyampaikan ada hal penting yang harus dilakukan untuk menentukan ide dan peluang usaha. Yang pertama, mulailah dari hal yang dikuasai. Kedua, meriset pasar dan mengenali target pasar. Terakhir, menentukan daya pembeda di tengah pasar, melihat pesaing juga penting untuk mengawali sebuah usaha. Menurut Syahidul Haq, memiliki kemauan yang kuat sangat penting untuk membuka sebuah usaha. (yas)