Fakultas Ilmu Pendidikan Gelar Webinar Temu Alumni Penuh Inspirasi dan Bangun Sinergitas


(7/8/2021) Sebagai upaya untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah atau hubungan kekerabatan antar alumni yang telah lulus beberapa periode yang lalu, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan Webinar Temu Alumni FIP UNESA dengan mengusung tema Strategi Alumni FIP UNESA Lolos CPNS dan Sukses di Dunia Usaha.


Kegiatan Webinar Temu Alumni ini dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2021 yang diikuti oleh beberapa alumni mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya maupun beberapa dosen selingkup Fakultas Ilmu Pendidikan. Kegiatan Webinar ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yang pertama pada tanggal 7 Agustus 2021 dilaksanakan bagi jurusan Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Luar Biasa, dan juga Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan pada tanggal 8 Agustus 2021 dilaksanakan bagi jurusan non-pendidikan (Manajemen Pendidikan, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, dan Psikologi), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.


Dalam pembukaan acara, Bapak Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan Dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya turut hadir untuk memberikan sedikit sambutan dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya, Bapak Hery mengatakan bahwa Universitas Negeri Surabaya ini telah membuktikan kepada dunia pendidikan di Indonesia bahwa ia mampu untuk selalu berkontribusi dalam perguruan tinggi dunia pendidikan.


Pada tanggal 7 Agustus 2021, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan memberikan sedikit tips and trick cara untuk lolos CPNS, bagaimana membangun karir dalam jurusan keguruan, dan bagaimana mengembangkan karir jurusan keguruan, yang diberikan oleh Bapak Riski, M.Pd. selaku Alumni S1 PGSD Unesa, PNS-Guru SDN Sidotopo I Surabaya, Konsultan Pendidikan, Alumni Asia Pasific Teacher Exchange. Tak hanya sampai disitu saja, pada kegiatan kali ini juga ada Bapak Vicky Dwi Wicaksono, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen PGSD Unesa dan wirausahawan yang memberikan sedikit ilmu mengenai bagaimana meningkatkan pengembangan karir keguruan untuk menjadi seorang wirausahawan.


Materi pertama disampaikan oleh Bapak Riski Prabaswara, M.Pd. tentang Karir Jurusan Keguruan, Pengembangan Karir Jurusan Keguruan Dan Tips/Trick Lolos CPNS. Dalam materinya Bapak Riski menjelaskan tentang bagaimana untuk memulai merancang karir, individual depelopment planning dan career development. Menurut Bapak Riski, hampir banyak orang bahwasannya lulusan keguruan hanya akan menjadi guru. Tetapi kita juga harus mengembangkan peluang karir yang lain untuk mengembangkan karir kita.



Materi kedua disampaikan oleh Bapak Vicky Dwi Wicaksono, S.H., M.Pd. tentang Pengembangan Karir Keguruan Menjadi Wirausahawan. Dalam penyampaian materi Bapak Vicky menyampaikan bahwa jika menjadi sebuah orang kaya jangan menjadi karyawan, karena sebaik-baiknya kita bekerja akan digaji dan seburuk-buruknya kita bekerja akan dipecat. Dan menjadi seorang PNS dan memiliki sebuah bisnis dapat menjadi double kill jika sudah bisa memegang keduanya, sehingga ketika membicarakan tentang finansial dapat dikatakan sudah bebas dari finansial tersebut. (Xna/Anc)