Dekanat Sosialisasikan Jurusan Selingkung FIP Melalui Unesa Virtual Campus Expo


FIP.Unesa.ac.id, Surabaya-Selasa, 22 Februari 2022, melalui platform youtube Official_Unesa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022. Tidak hanya FIP saja, tetapi seluruh fakultas di Universitas Negeri Surabaya melakukan sosialisasi mengenai fakultas mereka masing masing dimulai dari tanggal 21 hingga tanggal 23 Februari. FIP sendiri akan melakukan sosialisasi pada hari ini (22 Februari 2022) dengan narasumber Dr. Mochamad Nursalim, M.Si selaku Dekan FIP, Bapak Dr. Wagino, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FIP, dan Dr. Damajanti Kusuma Dewi , S.Psi., M.Si. selaku Sekretaris jurusan Psikologi FIP.
Acara sosialisasi pengenalan mahasiswa baru tahun 2022 dikemas melalui skema Talkshow dimana Host yang bertugas akan memberikan beberapa pertanyaan kepada ketiga narasumber yang hadir baik pertanyaan yang telah disiapkan maupun pertanyaan yang di tulis oleh para penonton pada Live youtube di kolom komentar. Pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan sangat menarik dan informatif, mulai dari program studi yang ada di FIP, Jurusan apa yang memiliki peluang kerja paling luas, kegiatan-kegiatan seru yang ada di FIP, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Tips dan Trik masuk Perguruan tinggi Negeri, Kampus Merdeka Belajar, hingga tentang beasiswa dan prestasi-prestasi yang telah dicapai Mahasiswa FIP.
Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki 8 jurusan, dengan rincian 7 jurusan kependidikandan 1 jurusan non kependidikan. Jurusan-jurusan yang ada di FIP yaitu Jurusan Bimbingan dan Konseling, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah,Jurusan Pendidikan Luar Biasa,Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Psikologi, dan yang terakhir yaitu Jurusan Manajemen Pendidikan.
Semua jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki peluang kerja dan karir yang bagus, namun secara khusus Jurusan Psikologi, Manajemen Pendidikan, serta Kurikulum dan Teknologi Pendidikan merupakan jurusan yang prospek kerjanya sangat luas karena dapat berkecimpung di dunia non-kependidikan. Dari 8 jurusan tersebut seuanya memiliki peluang karir yang cukup bagus. Tetapi yang sangat potensial yaitu jurusan Psikologi, Manajemen Pendidikan, dan juga jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dimana mereka tidak hanya bisa menjadi guru tetapi juga menjadi non guru, ucap Dekan FIP Dr .Mochamad Nursalim, M.Si.
Setiap jurusan di FIP sendiri memiliki Laboratorium masing-masing yang dapat di gunakan oleh mahasiswa untuk mengembangkan kecakapan belajar mereka. Setiap pembelajaran di Fakultas Ilmu Pendidikan ini didukung oleh dosen profesional dan juga beberapa Laboratorium yang memadai dari setiap Prodi untuk menunjang para Mahasiswa dalam mengembangkan kecakapan dan keterampilan mereka, ucap Wakil Dekan Bidang Akademik FIP Dr. Wagino, M.Pd.
Penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 terdapat beberapa jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur SPMB atau Mandiri. Hal yang perlu dipersiapkan oleh para calon mahasiswa sendiri yaitu nilai akademik mereka. Untuk masuk salah satu Prodi di FIP sendiri tidak ada batasan dari jurusan IPA atau IPS. untuk jurusan Psikologi maupun jurusan lain di FIP tidak memiliki batasan baik dari IPA atau IPS. Jadi, mau mereka dari jurusan apapun mereka boleh mendaftar untuk masuk FIP asalkan mereka memiliki nilai akademik yang bagus, ucap Sekretaris jurusan Psikologi FIP Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi.
Ketiga Narasumber yang hadir memberikan tips kepada calon mahasiswa baru tahun 2022 yang akan mengikuti tes SBMPTN. Para calon Mahasiswa baru diharapkan agar melakukan banyak persiapan dan berdoa dalam mengikuti tes SBMPTN. Untuk SBMPTN nilai diperoleh melalui UTBK, sehingga calon mahasiswa harus melakukan persiapan dengan belajar sedari dini ucap Dekan FIP bapak Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Selain itu para calon mahasiswa baru juga diharapkan tidak lupa menjaga kondisi tubuh dan beristirahat. Saat tes UTBK kerjakanlah soal yang mudah terlebih dahulu agar tidak termakan waktu. Dan juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan agar tubuh fit saat mengikuti tes UTBK. Dr. Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi., M.Si. juga menambahkan bahwa persiapan mental juga tidak kalah penting. Saran saya cuma satu, yaitu siapkan mental. Jangan sampai saat awal-awal sudah down duluan.
Selanjutnya yaitu pembahasan mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan juga berbagai macam beasiswa yang ada di FIP. Merdeka Belajar sendiri telah diterapkan di FIP sejak tahun 2019 dimana setiap Mahasiwa belajar 5 semester di dalam Prodi dan 3 semester di luar Prodi. Dari program MBKM ini banyak mahasiswa melakukan pertukaran pelajar baik di Universitas dalam Negeri bahkan hingga Luar Negeri. Hal yang tidak kalah membanggakan, Fakultas Ilmu Pendidikan menduduki urutan ke-3 di UNESA dalam capaian prestasi Mahasiswa baik dari Nasional maupun internasional. Untuk calon Mahasiswa juga tidak perlu khawatir, karena di FIP sendiri ada banyak program beasiswa yang dapat di ambil. Ada program beasiswa PPA, Bidikmisi, Bank Indonesia, dan juga beasiswa dari Pemda.
Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab melalui kolom komentar di Live youtube Unesa. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon Mahasiswa yang menandakan bahwa banyak yang berminat untuk masuk dan mendaftar di Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Antusias para calon Mahasiswa menjadikan FIP tidak sabar untuk menerima dan melihat calon-calon wajah baru yang akan menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA.
Penulis : Vika Amalina