Persiapkan Akreditasi Prodi, FIP Unesa Adakan Sosialisasi Borang Akreditasi 9 Kriteria BAN-PT


(03/07/2021) FIP Unesa mengadakan Sosialisasi borang akreditasi 9 Kriteria BAN-PT yang dihadiri oleh seluruh Ketua jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Laboratoirum,Tim UPM dan Tim Taskforce akreditasi selingkung FIP.Kegiatan ini dilaksanakan secara live teleconference melalui aplikasi zoom dengan MC Ibu citra FitriKholidya, S.Pd., M.Pd. dan moderator Ibu Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp. Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. yusti Probowati Rahayu, (Dewan Pakar Asosiasi Psikologi Forensik) yang menjadi Asesor prodi BAN-PT.
Pada Sosialisasi Borang Akreditasi 9 Kriteria BAN-PT turut hadir Dr. MochamadNursalim, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Surabaya, yang memberikan sambutan tanda pembuka dimulainya kegiatan.Dalam sambutannya Bapak Nursalim (sapaan akrabnya) menyampaikan semoga 8Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan semuanya akan memperoleh akreditasiyang unggul, sehingga akan mendongkrak akreditasi Institusi.


Pemaparan materi disampaikan oleh Prof. Dr. Yusti Probowati Rahayu, yaitu Tujuan darisosialisasi ini, Tentang PEPA dan Tentang Logika Akreditasi 9 Kriteria.Pemaparan materi PEPA Prof. Dr. Yusti Probowati Rahayu menjelaskan terdapatAlur Pemantauan dan Evaluasi PS, Program Studi Yang Memenuhi Jumlah DosenSesuai Ketentuan, Alur Pemantauan dan Evaluasi PS (2), Alur Pemantauan danEvaluasi PS (3), dan Pemantauan PS. Point Penting dalam SPMI (StandarPenjaminan Mutu Internal) yaitu :
Evaluasi Internal SPMI harus harmoni dengan Evaluasi Eksternal SPME
Intitusi dan Program Studi sebaiknya membuat Instrumen Evaluasi Diriyang sesuai VISI dan MISI


Adapun Instrumen BorangAkreditasi 9 Kriteria, terdiri atas :
Vision, Mission,Objective and Strategy (Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi)Governance, Management,and Collaboration (Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama)Student (Mahasiswa)Human Resources (SumberDaya Manusia)Finance, Asset, and Facility(keuangan, Sarana, dan Prasarana)Teaching and Learning(Pendidikan)Research (Penelitian)Public Services(Pengabdian Kepada Masyarakat)Outputs and Outcomes(Luaran dan Capaian)


Prof. Dr. YustiProbowati Rahayu menjelaskan bahwa borang akreditasi berbasis 2 dokumen yaitu,LED (Laporan Evaluasi Diri) dan LKPS (Laporan Kinerja PS). LED berisikan data sesuai dengan panduan danLKPS berisikan narasi tentang analisis data-data yang ditulis pada bab yangberkesesuaian pada dokumen Laporan Evaluasi Diri. Dari setiap bagian yangpaling penting adalah Indikator Kinerja Utama, karena Indikator Kinerja Utamaadalah Standar Mutu yang telah ditetapkan oleh SN DIKTI. Indikator KinerjaUtama menjadi nyawa dalam setiap bahasan kriteria, Indikator Kinerja Utama harusnyadimiliki oleh SPMI disetiap Perguruan Tinggi/Prodi. Kegiatan dilanjutkan dengandiskusi dan tanya jawab mengenai masalah/kendala yang ditemukan olehdosen-dosen selingkung FIP yang kemudian didiskusikan beberapa solusi dalammengatasi masalah tersebut. Xna/Rrp