Jelang Perkuliahan, FIP Unesa Bekali Dosen dalam Penyusunan RPS


(29/01/2021). Fakultas ilmu pendidikan melaksanakan kegiatan pemuktakhiran RPS 2021-2022. Dalam kegiatan ini, diikuti oleh dosen selingkung FIP UNESA dengan mencakup 4 target yakni : RPS, soal USS, soal US, dan rubrik penilaian dengan pemateri Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd, selaku kepala LP3M Unesa.
Hadir dalam kegiatan ini, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Dosen yang berafiliasi di Jurusan Bimbingan Konseling ini memberikan sambutan yang menandai dimulainya kegiatan pembekalan penyusunan RPS. Bapak Dr. Nursalim (Panggilan akrabnya) dalam sambutannya mengatakan, penyusunan RPS pada matakuliah work based learning, problem based learning, atau project based learning merupakan salah satu indikator dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, pembekalan ini menjadi salah satu penyokong bagi Unesa, khususnya fakultas ilmu pendidikan dalam mencapai IKU yang diharapkan oleh Unesa.
Dalam kegiatan ini, pemateri sekaligus ketua LP3M menjelaskan berbagai macam mengenai pembelajaran, salah satunya yakni work based learning atau pembelajaran berbasis kerja. Dimana isinya yakni pembelajaran yang didapatkan dari pembelajaran secara langsung melalui tempat kerja atau memainkan peran. Dalam penyusunan RPS ini, beberapa karakteristik perlu diperhatikan untuk mencapai target IKU yang diharapkan, terutama kesesuaian RPS dengan format yang telah ditetapkan oleh LP3M. Tidak hanya dalam penyusunan RPS, kegiatan penilaian pembelajaran juga harus menjadi perhatian oleh semua tenaga pendidik, terutama FIP sebagai tonggak dari pelaksanaan pendidikan. (ris/rif)