Fakultas Ilmu Pendidikan Matangkan PKKMB Daring 2020


fip.unesa.ac.id – Pandemi Virus Corona atau Covid-19 masih mewabah di Kota Surabaya, Jawa Timur. Kondisi ini berdampak pada kegiatan akademik di seluruh Perguruan Tinggi, termasuk Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 harus dilaksanakan secara online, baik untuk tingkat Universitas maupun Fakultas. Hal ini dinilai menjadi cara yang terbaik menghindari kerumunan dan penyebaran Covid-19.
PKKMB adalah wahana bagi perguruan tinggi untuk mengenalkan lingkungan kampus dan mempersiapkan mahasiswa menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. PKKMB merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti mahasiswa. Tidak hanya mengenalkan kehidupan kampus, PKKMB juga memfasilitasi mahasiswa dengan informasi-informasi penting sebagai bekal perkuliahan serta memberikan materi-materi bermanfaat dari pakarnya.
Menyiapkan acara PKKMB tentu bukan hal yang mudah, apalagi melihat situasi dan kondisi sekarang ini. Beberapa bulan terakhir panitia PPKMB FIP 2020 telah menyiapkan rencana dan strategi yang matang agar kegiatan PKKMB FIP berjalan dengan lancar meski dilakukan secara online. Kemarin, Kamis (3/9), panitia PKKMB FIP beserta tendik mengadakan rapat yang dipimpin oleh Bapak Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.
Metode pelaksanaan kegiatan secara daring atau online via zoom sudah disiapkan untuk 1000 kuota partisipan, kami akan menambah kuota partisipan sebanyak 700 sebagai antisipasi, tutur Heryanto Susilo. Acaranya dipersiapkan sedetail mungkin agar sukses, harus diuji coba dulu untuk teknisnya tambahnya. Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya kendala saat kegiatan PKKMB berlangsung. Beliau juga menghimbau kepada panitia yang bertugas di Kampus untuk tetap taat pada protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Kami sudah siapkan 6 dus masker medis 3 ply dan 40 face shield untuk para Panitia, ujar salah satu panitia PKKMB FIP 2020
Uji coba teknis dan finalisasi dilakukan hari ini (4/9) bersama mahasiswa baru FIP 2020. Rencananya kegiatan PKKMB FIP akan berlangsung selama 4 hari, dimulai pada Hari Selasa, 8 September 2020 hingga Hari Jumat, 11 September 2020. Rangkaian kegiatan akan dijelaskan pada mahasiswa baru saat Pra PKKMB pada hari Sabtu mendatang, tanggal 5 September 2020. Update informasi mengenai PKKMB FIP 2020 dapat dilihat melalui akun instagram @pkkmbfipunesa.
Walaupun harus terpaut jarak, Panitia PKKMB FIP 2020 berharap acara kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan berkesan. Kondisi berbeda bukan halangan. Situasi berbeda bukan hambatan. (ggs/rif/acs)