FIP Gelar Perlombaan MTQ Untuk Mengembangkan dan Menggali Potensi Mahasiswa


(28/03/2021) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya memiliki tujuan tidak hanya mengembangkan pengetahuan dan pendidikan, namun salah satu yang menjadi concern adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Quran. Salah satu cara yang diwujudkan oleh FIP Unesa adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang mengusung tema Mengembangkan Bakat Islami Untuk Mewujudkan Generasi Qurani di Masa Pandemi. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Fakultas Ilmu Pendidikan ditujukan kepada seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya terutama mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang Keagamaan.


Dalam pembukaan acara MTQ Mahasiswa FIP 2021 turut hadir Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan Dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Bapak Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd. Dosen PLS ini memberikan sambutan sebagai tanda dimulainya pembukaan acara MTQ Mahasiswa FIP 2021.


Ajang perlombaan MTQ Mahasiswa FIP 2021 terbagi menjadi 9 jenis cabang perlombaan baik individu maupun kelompok. Pada kategori perlombaan MTQ individu meliputi Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran 5 Juz, Musabaqah Hifdzil Quran 10 Juz, dan Musabaqah Khattil Quran. Sedangkan untuk kategori kelompok yang diikuti 2 sampai 3 mahasiswa dalam 1 kelompok meliputi Musabaqah Syarhil Quran, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Fahmil Quran, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Quran.
Pelaksanaan MTQ ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 Maret 2021 dengan catatan total peserta berjumlah 120 mahasiswa aktif dari Fakultas Ilmu Pendidikan. Peserta yang meraih juara pada ajang ini dapat berkesempatan untuk mewakili Fakultas Ilmu Pendidikan mengikuti MTQ di tingkat universitas.