fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Program studi S3-Pendidikan Dasar (DIKDAS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) telah melaksanakan ujian disertadi terbuka pada hari Senin, 23 Juni 2025 yang bertempat di gedung O1 lantai 2.
Ujian terbuka ini dihadiri oleh Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si, dari program studi Bimbingan dan Konseling (BK) selaku ketua penguji, Prof. Dr. Erman, M.Pd., dari Pendidikan Sains selaku Promotor 1, Dr. Hendratno, M.Hum., dari Pendidikan Bahasa Indonesia selaku Promotor 2, serta jajaran para penguji lain diantaranya Prof. Dr. Suryanti, M.Pd., Dr. Heru Subrata, M.Si., Prof. Dr. Wiryanto, M.Si., dan Dr. Mardhatillah, M.Pd., selaku anggota penguji eksternal dari Universitas Negeri Malang (UM).
Pada ujian terbuka ini promovenda Anliana, S.Pd., M.Si., mengangkat judul “Pengembangan Model Evaluasi Program Berbasis Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”. Alasan dibalik mengambil judul tersebut lantaran ia melihat bahwa evaluasi yang dilaksanakan di sekolah selama ini hanya melihat pada hasil pembelajaran. yang menurutnya tidak adanya sebuah input atau proses, “selama ini untuk guru-guru dan di sekolah itu lebih ke produknya saja, jadi kognitif, afektif, dan psikomotor. Bahkan afektif sama psikomotornya masih sangat kurang,” tuturnya.
Disisi lain, tujuan dari penelitian ini juga untuk mengembangkan model evaluasi program berbasis digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar yang mampu memberikan informasi secara komprehensif, tepat, dan akurat, serta memberikan manfaat nyata bagi kepala sekolah dan guru. Lalu juga untuk menguji kecocokan (validitas dan reliabilitas) model evaluasi program berbasis digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Selanjutnya untuk Menilai keefektifan model evaluasi program berbasis digital yang dikembangkan dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Melalui wawancara yang dilakukan, ia berharap setelah adanya pengembangan model evaluasi yang dilakukan dapat bermanfaat secara keseluruhan, “tetap saya pasti punya keinginan agar ini bisa digunakan secara nasional,” pungkasnya.

Hasil Keputusan oleh Para Penguji
Setelah memaparkan hasil penelitiannya secara komprehensif serta mampu menjawab seluruh pertanyaan para penguji dengan baik dan lugas, promovenda Anliana, S.Pd., M.Si., dinyatakan lulus dan berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Pendidikan Dasar. Ia memperoleh nilai disertasi sebesar 88,65 dan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna, yaitu 4,00. Capaian akademik ini menandai pencapaian luar biasa dalam perjalanan studi doktoralnya, sekaligus mengukuhkannya sebagai Doktor ke-7 yang berhasil diluluskan oleh Program Studi S3-DIKDAS FIP UNESA. Keberhasilan ini juga menjadi bukti kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu evaluasi pembelajaran berbasis digital, khususnya pada jenjang sekolah dasar.
Penulis: Lina Nur Laili
Editor: Ria Risky Syah Putri Ayu Fadilla