Teknologi Pendidikan menjawab Peran Media digital dalam Pembelajaran di era Modern dalam kuliah umum

Selasa, 13 November 2017 –Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan kembali  mengadakan Kuliah umum di tahun 2017, Acara yang berlangsung  Gedung 05 lt 3 Fakultas Ilmu Pendidikan ini,mendatangkan narasumber yang sering dikenal lewat salah satu bukunya Media Pembelajaran, yaitu Dr. Cepi Riyana M.Pd. selaku Ketua Jurusan S1 Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Kedatangan beliau disambut antusias oleh Bapak/ibu Dosen  berserta seluruh mahasiswa  Teknologi Pendidikan dari angkatan 2017 hingga 2014.

Acara yang berlangsung dari pukul 13.00-15.00 ini, di buka oleh sambutan Ketua jurusan S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Dra. Sulistiowati, M.Pd. dalam sambutannya beliau mengajak seluruh mahasiswa Teknologi Pendidikan dapat berperan lebih aktif dan sinergis , menyikapi  media digital dalam pembelajaran di era saat ini. Dan diharapkan melaui  kuliah umum ini Mahasiswa Teknologi Pendidikan berfungsi menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan implementasi keilmuan Teknologi Pendidikan

.Dalam Pemaparannya, Bapak Dr. Cepi Riyana M.Pd. mengungkapkan bahwa mahasiswa KTP harus mampu menguasai semua kompetensi yang ada dibidang KTP. Mahasiswa tidak harus selalu berpikir bagaimana orientasi terhadap dunia kerja akan tetapi pikirkan bagaimana menguasai ilmunya. Walaupun begitu mahasiswa tetap harus mendekatkan diri dengan tren dan isu-isu yang berkembang di dunia kerja untuk kemudian dipelajari ilmunya. “Apalah artinya kalau kita berkiprah dikemudian hari tanpa kita menguasai bidang” tutur Bapak Dr. Cepi Riyana M.Pd. Pada kuliah umum tersebut Bapak Dr. Cepi Riyana M.Pd. juga berpesan bahwa mahasiswa harus mempelajari kompetensi secara utuh, memperkaya diri dengan belajar secara otodidak atau melalui dosen (multi resources). Selain itu mahasiswa juga harus mampu menerapkan teori-teori yang dipelajari.

Di Akhir penutupan pemaparan materi, Beliau memberi 6 tips rekomendasi, agar mahasiswa mengenal peran dan arah Teknologi Pendidikan dalam masayarakat, yaitu  kuasai filosofi dan Teori dasar TP, Berikan penguatan pada skill merancang (design), kuasai semua bidang Teknologi Pendidikan tetapi fokus pada satu keahlian (personal branding), Pengembangan diri (Self Development), Networking,Soft kill (Tap,multi-tasking, collaborative,dll ) ini yang menjadi syarat bagi semua lulusan Teknologi Pendidikan siap menjawab permasalahan pembelajaran dan pendidikan di era modern.

Dengan diadakan kuliah umum ini diharapkan seluruh mahasiswa KTP dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah disampaikan sehingga mahasiswa KTP dapat semakin berkompeten dalam membuat sebuah media. Pelaksanaan kuliah umum ini juga menjadi penguatan suatu lembaga atau universitas dalam berkolaborasi untuk meningkatkan Akreditasi. (Tir-Dah -muh/PIF)