SIS Group of School Bona Vista 2017

Sembilan mahasiswa UNESA terpilih berkesempatan untuk mengikuti Program Pengelolaan Pembelajaran atau biasanya disebut dengan (PPP) di sekolah mitra UNESA yaitu Singapore International School Jakarta. Dari kesembilan mahasiswa tersebut lima diantaranya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yaitu Nur Fitria Al Fathiir dari jurusan PLB, Yogie Habibie dari jurusan PGSD, dan ketiga mahasiswa dari jurusan Teknologi Pendidikan yaitu Andre Pratama Putra, M.Fahrul Hadi, dan Nurul Azmi. Dan masih ada 3 mahasiswa FIP lagi yang mengikuti progam SIS Group of School yang ditempatkan di dua tempat yang berbeda Nurul Lutfiyati Afifah dari jurusan PG PAUD dan Dimas Nuswantoro ditempatkan di Semarang dan Ismi Khumairo ditempatkan di Kelapa Gading.

Penyambutan seluruh mahasiswa disambut sangat ramah oleh Headmaster of SIS BV, Mr.Oliver. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi kewajiban praktik mengajar yang merupakan bagian dari mata kuliah yang harus diampu oleh mahasiswa. Program Pengelolaan Pembelajaran dilaksanakan selama kurang lebih 6 minggu, yaitu dari tanggal 7 Agustus 2017 hingga 15 September 2017.

Program Program Pengelolaan Pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada para calon pendidik untuk mengajar di sekolah dengan taraf internasional yang memiliki budaya serta adat yang berbeda-beda. Selama kurang lebih 6 minggu mahasiswa UNESA didampingi oleh guru pamong atau partner teacher yang berkompeten sesuai bidangnya masing-masing. Partner teacher dengan sangat terbuka memberikan segala ilmu serta pengalaman yang telah dimilikinya kepada mahasiswa UNESA yang berada disana. Tidak jarang pula partner teacher disana juga menjelaskan mengenai kurikulum yang digunakan pada sekolah tersebut.

Tidak pada umumnya di Indonesia pada Singapore International School (SIS) menggunakan 3 kurikulum yang dilebur menjadi satu pada kegiatan pembelajaran. Adapun kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum Singapura, Cambridge curriculum. Hal tersebut sangat menunjang pengetahuan mahasiswa UNESA pada saat melaksanakan kegiatan akademik di kelas. Tidak hanya kegiatan akademik, mahasiswa UNESA juga turut serta mengikuti kegiatan non-akademik sekolah seperti assembly for primary and secondary, Independence day’s of Singapore Flag Ceremony, Independence day’s of Indonesian ceremony dan lomba yang diadakan oleh pihak SIS Bonavista serta meeting dengan guru SIS BV.(MAA/PIF)