SIAPKAN 203 PPG PASCA SM3T UNESA MENJADI CALON PENDIDIK YANG PROFESIONAL DAN BERKUALITAS

Surabaya, Sekitar 203 Sarjana PPG Pasca SM-3T Angkatan IV memenuhi Auditorium PPG lantai 9 lidah wetan Universitas Negeri Surabaya, Senin (18/07/2016)

Peserta PPG Pasca SM-3T akhirnya  sampailah diujung Pendidikan Profesi Guru (PPG) yaitu akan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Yang sebelumnya mereka telah melaksanakan 1 tahun mendidik di daerah terpencil, terdalam, terluar (SM3T), dan kemudian mereka telah melewati pemantapan materi melalui workshop selama 6 bulan atau 1 semester dan pada saat ini akan melaksanakan PPL yang tersebar di 23 Sekolah mulai dari TK/SD/SMP/SMA dan SMK di Surabaya dan sekitarnya.

Pembekalan pemberangkatan PPL peserta PPG Pasca SM3T dimulai pada pukul 13.00 WIB dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya kemudian  sambutan ketua pelaksana PPG Pasca SM3T, Prof Dr Ismet Basuki, M.Pd dengan menjelaskan waktu pelaksanaan PPL yang akan dilaksanakan 4 bulan mulai tanggal  25 Juli sampai November 2016. Dan Peserta PPL akan di dampingi oleh 50 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan 50 Guru Pamong sesuai mata pelajarannya dari masing masing sekolah.

Prof Dr Warsono MS selaku Rektor Universitas  Negeri Surabaya mengungkapkan undang undang guru dan dosen adalah bahwa setiap guru harus memiliki kualitas akademik, kompetensi sertifikasi pendidik dan menjadi guru yang profesional dalam mencerdaskan anak bangsa. Maka dari itu sangat penting sekali bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan strata 1 untuk mengikuti progam profesi guru (PPG) selama 1 tahun, dan bagi guru yang telah menyelesaikan PPG dan memiliki sertifikat PPG mempunyai peluang besar untuk menjadi guru PNS  apabila ada lowonga tes masuk CPNS dibandingakan guru lain yang hanya berijazah strata 1. Jadi beruntunglah bagi 203 peserta PPG angkatan IV ini yang sebentar lagi akan menyelesaikan PPG.

Akan tetapi jangan merasa bangga terlebih dahulu, kalian akan diuji sekali dalam menyelesaikan PPG dengan  melaksanakan PPL. “Memang benar peserta PPG Pasca SM3T sudah mempunyai banyak pengalaman dalam pengimplemantisikan ilmunya dalam mengajar karena telah teruji dalam dedikasi dan loyalitas mengajar di daerah terpencil”, Tegas Prof Dr Warsono MS .

Akan tetapi dalam PPL kalian juga diuji untuk menjadi guru yang benar benar guru yaitu menjadi guru yang profesional. Dan sebagai guru profesional harus bisa menjadi fasilitator, motivator, inspirator, dan menerapkan strategi, metode, pendekatan pembelajaran yang sesuai bagi peserta didik sehingga pembelajaran dapat tersampaikan secara optimal. (Aziz)