Semarak Festival Teknologi Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan – Festival Teknologi Pendidikan (FTP) kembali digelar oleh Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) sebagai ajang kreativitas mahasiswa dan siswa tingkat SMA/SMK sederajat. Festival Teknologi Pendidikan 2017 dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 November dengan mengusung tema “Creative Content in Digital Era”.

Lomba yang diadakan di FTP 2017 meliputi Edumovie Competition dan Digital Magazine Competition (Digmacom) yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK serta Photography Competition yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK dan umum. Selain itu ada bazar dan Talkshow Nasional yang turut memeriahkan festival tersebut.

Photography Competition, Edumovie Competition, Digital Magazine Competition dan bazar diselenggarakan bersama pada tanggal 18 November 2017 sedangkan Talkshow Nasional pada 19 November 2017.

Bazar dilaksanakan di pendopo FIP bersamaan dengan pameran fotografi dari peserta lomba Photography Competition. Bazar FTP tahun ini dikhususkan bagi mahasiswa angkatan 2017 untuk memupuk jiwa kewirausahan mahasiswa sehingga diharapkan nantinya mahasiswa tidak hanya menjadi job finder namun juga job maker. Rasyadan selaku ketua pelaksana dari bazar mengungkapkan bahwa pada tahun ini konsep bazar berbeda karena mahasiswa dituntut untuk membuat atau memodifikasi pilihan produk yang telah ditetapkan panitia agar memiliki nilai jual di pasaran.

Sedangkan Edumovie Competition merupakan kompetisi bagi siswa SMA/SMK untuk menyalurkan bakat serta minatnya dalam membuat sebuah film. Acara dilaksanakan di Laboratorium Video Teknologi Pendidikan dengan diikuti oleh 10 tim yang lolos babak 10 besar. Bapak Hadi Suwono dari TVRI salah satu juri Edumovie Competition mengungkapkan bahwa dengan adanya kompetisi ini siswa akan termotivasi belajar broadcasting dan pembuatan film.

“melalui kompetisi ini anak-anak dapat mengeluarkan ide dan kreativitasnya karena dengan film mereka bisa berbuat lebih banyak tentang kebudayaan, pendidikan dan kesenian.” Tambahnya saat ditemui di Lab. Video KTP.

Nathan Bravian siswa dari SMK Krian 2 salah satu peserta Edumovie Competition mengaku senang dengan diadakannya Festival Teknologi Pendidikan ini, khususnya pada Edumovie Competition. Dia menyatakan bahwa mendapat banyak sekali informasi baru.

“Saya mendapatkan banyak pengetahuan seperti bagaimana cara pengambilan gambar, penyampaian cerita, jurinya juga berkompeten dan profesional dibidangnya.” Ungkapnya.

Sama dengan Edumovie Competition, Digmacom diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK dan dilaksanakan di Auditorium O1 lantai 3 dengan diikuti oleh 10 tim yang lolos babak 10 besar. Digmacom adalah kompetisi majalah digital yang mewadahi minat dan bakat siswa dalam dunia desain dan informatika.

Untuk acara puncak dari FTP 2017 ini terwujud dalam sebuah Talkshow Nasional yang mengundang narasumber Danny Syah Aryaputra (CMO Infia.co dan Dagelan), Gerald Sebastian (co-Founder channel youtube “Kok Bisa?”) dan Akhyari Hananto (Founder Good News From Indonesia).

Veriana, wakil ketua pelaksana FTP 2017 memaparkan bahwa pada dasarnya tujuan utama diadakannya FTP ini untuk mengenalkan jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan di masyarakat terutama tentang ciri khas dari KTP itu sendiri. Selain itu, festival ini dengan beragam kompetisi dan acaranya diharapkan mampu menjadi wadah kreatifitas anak muda dalam memanfaatkan segala sesuatu di era digital secara positif.

“FTP bertujuan menginspirasi anak muda untuk tidak hanya sekedar menjadi penikmat konten. Setelah mengikuti FTP ini diharapkan peserta tidak hanya menjadi konsumen tapi kreator yang mampu membuat konten-konten yang mendidik dan tentunya menginspirasi.” Jelasnya.