Pra-PKKMB: FIP Sambut Hangat Garda Muda Dewantara

fip.unesa.ac.id – Surabaya Fakultas Ilmu Pendidikan kembali menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk menyambut mahasiswa baru tahun 2019. Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama 8 hari. Kegiatan PKKMB dibagi menjadi 2 bagian kegiatan, yaitu kegiatan Pra PKKMB dan kegiatan PKKMB. Kegiatan Pra PKKMB dilaksanakan pada hari Kamis-Jum’at tanggal 08-09 Agustus 2019. Sedangkan kegiatan PKKMB dilaksanakan pada hari Senin-Sabtu tanggal 12-17 Agustus 2019.

Pada hari pertama Pra PKKMB, mahasiswa baru diminta untuk menunggu di luar lapangan Fakultas Ilmu Pendidikan, yang untuk selanjutnya disambut oleh panitia dengan prosesi pemotongan pita. Mahasiswa baru diberikan sajian tarian flashmob yang dilakukan oleh pemandu PKKMB Fakultas Ilmu Pendidikan dengan tarian khasnya. Pasca tarian flashmob,  Erin dan Diniya selaku Master of Ceremony mempersilahkan ketua pelaksana, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan, dan perwakilan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni untuk memberikan prakata sambutan-sambutan kepada mahasiswa baru.

Pra PKKMB ini dihadiri oleh beberapa dosen selingkung Fakultas Ilmu Pendidikan, salah satunya adalah Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd selaku perwakilan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, sekaligus pembina Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen Bimbingan Konseling ini memberikan sambutan hangat kepada mahasiswa baru serta memberikan arahan bagaimana pelaksanaan PKKMB dan bagaimana kehidupan mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya, terutama kehidupan di Fakultas Ilmu Pendidikan. Dosen yang hampir berusia 32 tahun ini berpesan kepada mahasiswa baru agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang ada di Universitas Negeri Surabaya.

Kegiatan hari pertama Pra PKKMB berfokus pada kegiatan perkenalan kepada mahasiswa baru. Panitia pelaksana PKKMB, pengurus BEM dan DPM Fakultas Ilmu Pendidikan diperkenalkan pertama kali Elfa sebagai pemandu acara sekaligus sie humas pada kepanitiaan PKKMB 2019. Selanjutnya sie Komdis membacakan tata tertib pelaksanaan PKKMB yang harus dilaksanakan oleh peserta PKKMB. Peserta melaksanakan kegiatan istirahat, sholat, dan makan pada pukul 12.05-13.05 WIB. Pasca Ishoma, kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan pengenalan komunitas olahraga dan seni di selingkung Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan PKKMB pertama ini ditutup dengan pemberian tugas kepada mahasiswa baru. Mahasiswa baru diminta untuk membuat video yang berkaitan dengan salah satu Tridharma perguruan tinggi, yaitu kegiatan pengabdian masyarakat.