Perpisahan Mahasiswa Khon Khaen University of Thailand

UNESA – Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNESA, Drs. Sujarwanto, M.Pd telah melepas 9 mahasiswa program student exchange asal Khon Khaen University of Thailand. Pelepasan mahasiswa asal Thailand ini ditandai dengan diadakannya acara perpisahan yang dilaksanakan di gedung Auditorium O5 lantai 3, Rabu (11/4/2018). Acara  tersebut dihadiri oleh para dosen, tenaga pendidik FIP dan sekitar 60 mahasiswa selingkung FIP.

Program Student Exchange ini merupakan salah satu program kerjasama pertukaran mahasiswa antara Faculty of Education Khon Khaen University of Thailand dengan FIP Universitas Negeri Surabaya. Tiap tahun ada beberapa mahasiswa FIP yang dikirim ke Thailand dan beberapa mahasiswa Thailand yang diterima di FIP unesa. Program ini telah terjalin selama 4 tahun sejak 2014.

Acara pertama diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan .“… setelah berproses di kampus Unesa, khususnya di kampus FIP ini harapannya agar semoga mahasiswa program Student Exchange(SE) ini mampu mendapat banyak pengalaman dan bisa mengarungi dunia yang lebih luas lagi…” ujar Bapak Sujarwanto kepada mahasiswa program Student Exchange asal Thailand pada sesi sambutan pelepasannya.

Pertengahan acara di isi dengan penampilan tarian – tarian khas Indonesia dari mahasiswi FIP secara berturut – turut. Mereka menari dengan anggun dan gemulay. Selanjutnya dilanjutkan dengan penampilan tarian – tarian khas Thailand dari mahasiswa Faculty of Education Khon Khaen University of Thailand dengan menggunakan pakaian adat. Penampilan mereka begitu memukau sehingga menarik antusias seluruh peserta yang hadir.

Setelah 14 hari berproses di kampus guru Universtas Negeri Surabaya, memang banyak pengalaman yang didapat oleh mahasiswa asal Thailand ini. Mereka merasakan bahwa mahasiswa Unesa memiliki jiwa yang terbuka dibuktikan dengan keramah-tamahan dan peduli dengan sesama. Selama kegiatan, mahasiswa Thailand berkunjung ke beberapa fakultas dan jurusan lain di Lingkup UNESA agar mereka mampu menambah ilmu yang beragam dan mengenali lebih banyak sifat mahasiswa. Mereka berkunjung ke fakultas lain juga untuk mengamati sistem pembelajaran dan sistem kelas yang dilaksanakan. Para peserta exchange, juga ikut serta dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Fakultas lain yang dikunjungi ialah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) dan sebagainya.

Selama kegiatan, para mahasiswa Thailand ini ditemani oleh alumni mahasiswa student exchange FIP tahun lalu dalam melaksanakan serangkaian agendanya. Diluar agenda akademik, mereka dapat refreshing ke berapa tempat seperti Pakuwon- Mall. Bahkan mereka diajak pula berwisata alam ke Pacet, Mojokerto. Dalam kegiatan tersebut, kedekatan para mahasiswa dapat terjalin lebih dekat dan intensif.

Salah satu mahasiswa Thailand menyatakan bahwa mereka sangat senang dan sangat menikmati di setiap prosesnya, mereka bisa mendapat banyak teman dan relasi, serta mengetahui aktivitas sosial budaya maupun keilmuan di UNESA yang bisa diadaptasi untuk diterapkan di kampus asal agar menjadi lebih baik. “ I am very happy to join this program with the nices people.” Ujar NAMM dari jurusan pendidikan bahasa inggris.

Pada akhir sesi kegiatan pelepasan mahasiswa asal Thailand ini, seluruh peserta mahasiswa FIP yang ada di auditorium diajak untuk menari bersama dan dilanjutkan foto dengan dosen dan tenaga pendidik. Dalam acara ini terlihat dengan jelas keakrabaan dan kedekatan antar mahasiswa FIP UNESA dengan Khon Khaen University of Thailand . Hal tersebut membuktikan bahwasannya setiap manusia di dunia dapat menjalin kedekatan dan kekeluargaan antara satu sama lain meskipun memiliki berbagai perbedaan yang mungkin menjadi batasan asalkan ada kemauan untuk saling berbagi dan memahami.(Deah-Fath/ PIF).