Nilai Gemuk Ataupun Kurus Akreditasi PGSD tetap A

SURABAYA (23/10/2017)­ – Bulan Oktober menjadi bulan penentuan kembali dari re-akreditasi dari jurusan Pedidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan (PGSD-FIP). Diawali pada bulan Maret para civitas akademik jurusan PGSD mengirim borang yakni instrumen akreditasi yang berupa formulir yang berisikan  data dan informasi ke Jakarta yang digunakan untuk mengevaluasi dan menilai mutu suatu program studi atau institusi perguruan tinggi. Setelah 7 bulan menanti keputusan BAN-PT untuk mendatangkan asesor dan menilai mutu jurusan PGSD. Tepatnya pada hari Selasa, 24 Oktober 2017 asesor akan didatangkan yang berasal dari UPI dan UNSRI. Setelah melakukan koordinasi serta konsolidasi dari para civitas akademik PGSD untuk persiapan borang terbilang cukup singkat dilakaukan sejak bulan Februari hingga Maret, karena informasi bersifat mendadak dari pihak Fakultas Universitas untuk mendorong jurusan PGSD melaksanakan re-akreditasi.

Selama persiapan borang terdapat rasa susah senang “Adanya rasa ketidak percayaan diri, namun setelah dikomunikasikan, dikonsultasikan dan dikolaborasikan munculah keyakinan yang mantap dari kami” ujar Ganes, Sekertaris Jurusan PGSD. Tim borang FIP melibatkan beberapa pihak dosen senior dengan para dosen muda saling berkolaborasi untuk membentuk tim koordinasi untuk menyusun 7 tingkatan standart dan para koordinator dibantu oleh para mahasiswa sebagai relawan, susunan pimpinan terdiri dari Ketua Jurusan, Sekertaris jurusan dan selama penyiapan borang diketuai oleh UPM. Jadi tim aktif berjumlah 14 orang yang juga didukung oleh Tim Gugus Penjamin Mutu Fakultas Ilmu Pendidikan

Kendala yang dialami selama penyiapan borang yakni modal bentuk status re-akreditasi yang berbeda dengan akreditasi normal pada sebelumnya. Karena data yang sudah ada ditambah dengan data baru yang belum sempat dimasukkan pada data awal juga ditambah data lain yang memungkinkan tidak teridentifikasi pada saat akreditasi sebelumnya. Setelah melakukan pelacakan data dan informasi terkumpul data yang terbilang cukup untuk memenuhi poin akreditasi A. “Sehingga predikat atau peringkat A, syukur gemuk syukur kurus nilai tetap A” ujar Sekjur PGSD, Ganes Gunansyah. Harapan dari seluruh anggota keluarga besar PGSD adalah saat ini menjadi momentum untuk menjaga mutu, kualitas dan layanan yang menjadi tradisi awal memperoleh predikat A.