MARIMAS PG PAUD 2017: Aktualisasi Diri Mahasiswa PG-PAUD melalui Jiwa Sosial Berkarakter, Solid, dan Berdikasi

 

Jum’at 8 september 2017, didepan gedung 05 PG-PAUD PLB pukul 12.00 WIB seluruh peserta MARIMAS 2017 melakukan upacara untuk pembukaan acara masa orientasi mahasiswa baru PG-PAUD dengan memakai pakaian yang telah di tentukan, acara ini berlangsung tiga hari dari hari jum’at siang sampai minggu siang.

Masa orientasi mahasiswa dengan tema ‘’Aktualisasi Diri Mahasiswa PG-PAUD melalui Jiwa Sosial Berkarakter, Solid, dan Berdikasi ‘’  bukan hanya sekedar memperkenalkan jurusan saja kepada mahasiswa baru namun dengan harapan dan tujuan mereka  menempuh pendidikan yang lebih tinggi  dengan semangat dan niat, harapan dan perubahan yang lebih baik kepada para adik-adik semua.

Hari pertama Setelah usai upacara pembukaan para peserta di arahkan menuju 05 Lt.3.Sebelum memulai acara selanjutnya para peserta diajak melakukan ice breaking dan menyanyikan yel-yel mereka,selanjutnya diisi materi ‘’visi misi program jurusan dan sarana prasarana, potensi dan budaya jurusan’’ oleh Dra. Rachma Hasibuan,M.kes. dalam materi ini menyampaikan ‘’terwujudnya penyelenggaraan program S1 PG PAUD yang menghasilkan guru TK yang berkepribadian luhur sesuai dengan nilai budaya bangsa, agama, dan profesi serta memiliki pengetahuan, kemampuan dan sikap professional tenaga pendidikan anakusia dini (TK, Kelompok Bermain dan Penitipan Anak) serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi pada masyarakat …. Tutur beliau.

Setelah materi 1 selesai dilanjutkan lagi materi 2 yaitu ‘’bimbingan konseling’’ materi ini diadakan agar par mahasiswa baru semangat dalam meraih impian mereka tetapi bila ada masalah atau hambatan bisa mencari motivasi dan bimbingan yang lebih terarah sehingga mahasiswa lebih focus dan semangat dalam mengejar impian itu, karena banyak diluar sana yang membutuhkan bimbingan,arahan dan motivasi hidup yang kurang mereka dapatkan sehingga putus di tengah jalan. Setelah materi kedua selesai acara berlanjut ke penayangan video semangat hidup dan games indoor, ice breaking dan ishoma. di sambung lagi dengan materi ketiga yaitu diskusi karakter oleh salah satu dosen dari PG PAUD Kartika Rinakit Adhe, M.Pd dalam materinya beliau menuturkan’’ saya adalah salah satu mahasiswa lulusan dari PG PAUD UNESA  yang lulus dengan menyambet predikat caumlaude dan aktif  berorganisasi…’’ tutur  beliau . Dan materi tetap berlajut dengan tema ‘’Korganisasian’’ adanya materi ini  agar para mahasiswa bukan hanya sekedar kuliah dan pulang saja atau biasa di sebut mahasiswa kupu-kupu tetapi juga mengikuti kegiatan keorganisasian dikampus agar sifat kepemimpinan lebih terpupuk, memang kita semua lahir sebagai pemimpin namun dengan mengembangkan sifat itu kita harus membawa diri kita kearah yang lebih baik dan menujukkan kepada public bahwa kita semua bisa menjadi pemimpin.

Di hari kedua masih berlajut dengan berbagai agenda selanjutnya, hari kedua dimulai dengan senam pagi dan finger paiting dengan peralatan kaos dan cat, setelah selasai dilanjutkan makan pagi dan serangkaian acara selanjutnya. Di hari kedua ini masih ada materi-materi adapun tema materinya yaitu ‘’Diskusi ilmiah, Imppasi, alumni berprestasi’’ dan pengenalan jurusan yang di pandu oleh sebagian panitia, selanjutnya di malam hari ada penampilan dari dari peserta yaitu inagurasi dan api unggun dan malam keakraban yang dihadiri oleh BEM, DPM dan sejumlah alumni dari PG PAUD.

Berbagai acara berlangsung hingga hari ke tiga, minggu 10 september 2017 yang berlanjut dengan sangat lancar hingga acara yang memicu pendapat para mahasiswa agar lebih kritis dan mengungkapkan pendapatnya. Acara ini yang berlangsung tiga hari berharap agar mahasiswa baru kedepannya menjadi mahasiswa yang aktif, dan berprestasi hingga menggahrumkan nama jurusan, acara ini diadakan bukan hanya sekedar acara namun memiliki tujuan dan harapan yang nyata untuk kedepannya.(CAHYA/PIF)