MANAJEMEN PENDIDIKAN: TIM BORANG SOLID RAIH AKREDITASI “B”

Surabaya—Manajemen Pendidikan (MP) merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang telah melaksanakan kegiatan visitasi akreditasi jurusan yang di datangi oleh asesor dari BAN PT Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd pada Sabtu (11/2/2017). Akreditasi MP disiapkan sejak Bulan Agustus 2016, divisitasi 10-12 Februari 2017.

Akreditasi pada dasarnya adalah untuk melihat kinerja Jurusan dalam mengelola lembaga yang didasarkan pada standard yang ditetapkan oleh BAN PT. Ke 7 standar tersebut didasarkan pada dokumen-dokumen “by document”. Kesiapan Jurusan dalam memenuhi 7 standar BAN PT itulah yang mempengaruhi akreditasi Jurusan. Untuk mempersiapkan hal tersebut diperlukan peran pimpinan dalam mengkondisikan semua komponen di Jurusan  khususnya dalam membangun ”tim borang yang solid”. Selain itu, sarana dan prasarana jurusan juga menjadi hal yang mempengaruhi akreditasi. Pemenuhan Sarpras MP menjadi salah satu hambatan yang dihadapi dalam persiapan akreditasi. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan dukungan dari beberapa pihak, khususnya dari kebijaksanaan yang diberikan pimpinan fakultas.

Proses Visitasi di MP berjalan lancar. Asesor dari BAN PT hadir untuk memeriksa dokumen pendukung yang dituliskan Tim dalam Borang dan Evaluasi Diri Jurusan MP. Asesor memeriksa dokumen yang ada di Fakultas terlebih dahulu, selanjutnya memeriksa di Jurusan untuk di check ‘in line” atau tidak antara dokumen Fakultas dengan Jurusan. Asesor juga menggali informasi jurusan dari Kajur, Sekjur, seluruh dosen MP, perwakilan mahasiswa, alumni dan stakeholders.

Maksud dari akreditasi adalah untuk mengevaluasi kinerja Jurusan sebagai lembaga yang melaksanakan proses pendidikan di mana hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan dasar untuk perbaikan dan pengembangan jurusan secara berkelanjutan. Akreditasi bukan hanya sekedar pemerolehan nilai “A” saja yang dimaknai dangkal sebagai sebuah “prestise’. Lebih dari itu adalah untuk mengetahui posisi jurusan, baik dengan dalam perspektif internal factors maupun external factors. Sehingga ditemukan key success factors yang nantinya harus diimplementasi sebagai strategi untuk perbaikan jurusan. Berdasarkan hasil evaluasi oleh asesor, MP perlu meningkatkan prestasi mahasiswa di kancah nasional dan internasional, begitu juga dengan kerjasama. Dua hal ini yang jadi ‘PR’ untuk MP.

Hasil Akreditasi merupakan cerminan kinerja lembaga. Harapan kedepan, MP dapat memperbaiki performansi lembaga sesuai dengan standard yang telah ditetapkan BAN PT. Nilai “A” yang betul-betul merepresentasikan pemenuhan standard yang ditetapkan oleh BAN PT itulah yang menjadi orientasi dan harapan warga MP. “Menurut saya, Pemerolehan Nilai  “B” dari NIlai C untuk MP adalah pencapaian prestasi, meskipun kita berharap nilai A. namun kembali lagi pada pandangan bahwa hasil akreditasi adalah untuk perbaikan kinerja. MP sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk FIP, Unesa dan lebih spesial lagi untuk mahasiswa”ungkap Ibu Dosen yang memiliki suara emas ini.

Sertifikat Akreditasi dengan nilai B diterima pada Bulan Mei 2017. Pencapaian hasil yang diperoleh Jurusan MP tidak bisa dipisahkan dari berbgai pihak yang membantu dalam proses akreditasi MP “Dukungan yang luar biasa diberikan oleh pimpinan fakultas dan jajarannya, Pimpinan Universitas, PPM, GPM” tutur Ibu Nunuk Hariyati, M. Pd  sebagai salah satu dosen yang berperan penting dalam proses akreditasi jurusan MP. (Ai/SHF/PIF)

Posted in MP