KEMERIAHAN PUNCAK BULAN PENDIDIKAN THE 3rd EDUFEST FIP 2017

 

Surabaya (7/05/2017) Semangat bulan pendidikan selalu membara di kalangan civitas akademika Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Pasalnya kegiatan ini selalu diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan di setiap tahunnya dengan konsep yang berbeda-beda namun tetap mempertahankan nilai kependidikan. Tahun ini ketua penyelenggara bulan pendidikan yaitu berasal dari jurusan Bimbingan dan Konseling. Meskipun terdapat ketua penyelenggara, namun dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan kerja sama antar civitas akademika.

Tahun ini terdapat beberapa lomba yang mampu menggugah semangat teman-teman mahasiswa untuk berpartisipasi dalam bulan pendidikan, diantaranya: lomba volly, photovoice, menyanyi, tari tradisional, stand up comedy, permainan tradisional, lomba catur, lomba tenis meja, lomba 5R Ormawa, lomba Putera Puteri FIP, dan essay pendidikan. Lomba-lomba tersebut dilaksanakan mulai tanggal 11 April sampai 6 Mei 2017. Dan Puncak Peringatan Bulan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa adalah kegiatan jalan sehat bersama seluruh civitas akademika yang diselenggarakan pada tanggal 7 Mei 2017.

Peringatan Bulan Pendidikan kali ini mengusung tema “Melalui Sinergi Civitas Akademika Kita Tingkatkan FIP Unesa menjadi Fakultas yang Unggul dan Berkarakter”. Maksud dan tujuan diadakan peringatan bulan pendidikan ini agar mahasiswa memiliki kesadaran bahwa sebagai calon pendidik harus memiliki karakter yang telah dicontohkan oleh Bapak Ki Hajar Dewantoro, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Tak lupa semboyan dari FIP yaitu CIP (Cerdas Inovatif Peduli), FIP semakin TAMPAN (Transparan Aman Peduli Nyaman).

Acara jalan sehat dimulai pukul 06.00 yang dilaksanakan di Gor Gelanggang Pemuda yang bertepatan bersamaan dengan acara Fakultas Ilmu Keolahragaan yaitu Eco Campus dan me-launching kegiatan Car Free Day . Dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohim Dr. Ketut Prasetyo, M.S selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan membuka kegiatan jalan sehat ditandai dengan pelepasan burung oleh Pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan yang mempunyai makna “semoga FIP kedepan semakin baik dan dapat tercapai cita-cita setinggi-tingginya”, papar salah satu pimpinan FIP.

Selanjutnya acara bulan pendidikan di lanjutkan di lapangan FIP dengan acara pemotongan tumpeng secara simbolik oleh Bapak Mustaji selaku wakil dekan I FIP Unesa yang diserahkan kepada Bapak Wakil Rektor III Unesa. Dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Bapak Wakil Dekan I FIP beserta tamu undangan lainnya. Selanjutnya penanaman pohon oleh Bapak Wakil Dekan I dan Wakil Rektor III Unesa dan diikuti oleh tamu undangan lainnya, makna dari penanaman pohon ini ialah, “agar Unesa khususnya FIP terus tumbuh dan berkembang”.

Serangkaian acara lainnya seperti donor darah, lomba mewarnai untuk jenjang PAUD, lomba photovoice, bazaar kewirausahaan dari masing-masing jurusan, open house di setiap jurusan turut memeriahkan kegiatan bulan pendidikan tahun 2017. Tak kalah menariknya setelah pembukaan peringatan bulan pendidikan terdapat penampilan Tari Papua oleh mahasiswa Afirmasi. Antusias civitas akademika Unesa khususnya FIP sangat memeriahkan kegiatan bulan pendidikan tahun ini.

Berbeda dengan tahun lalu, Guess Star tahun ini yaitu “Keroncong Larasati” sangat menarik animo peserta peringatan bulan pendidikan pada hari ini. Tak lupa setiap jurusan menampilkan kebolehannya dalam pensi untuk menghibur peserta peringatan bulan pendidikan 2017. Disela-sela acara selalu diumumkan kupon undian jalan sehat, mulai dari doorprize sampai hadiah utama, yaitu motor, mesin cuci, kulkas, sepeda gunung. Diah Budiarti mahasiswa Psikologi angkatan 2015 berkesempatan memperoleh hadiah utama yaitu motor. Perasaan senang tergambar jelas di wajahnya.

“Alhamdulillah sukses. Semoga tahun 2018 ditingkatkan lagi dan lebih baik. Penampilan dari mahasiswa adalah dari, untuk dan oleh mahasiswa itu sendiri”harapan dari Bapak Wakil Dekan III.(SHF_PIF)