GENCAR (Generasi Cakrawala)

Gencar adalah sebutan untuk mahasiswa baru FIP Unesa 2017. Dengan salam CIP (cerdas, inovatif, peduli) mahasiswa baru FIP melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau biasa disebut dengan sebutan (PKKMB) pada tanggal 14-18 Agustus 2017 dan melaksanakan Pra-PKKMB pada 2 hari sebelumnya yaitu pada tanggal 11-12 Agustus 2017.

Pada tahun ini FIP memiliki mahasiswa baru yang jumlahnya mencapai 925 mahasiswa baru, yang merupakan mahasiswa baru terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Penambahan jumlah mahasiswa baru FIP terbanyak adalah dari jurusan Psikiologi yaitu mencapai mencapai 200 mahasiswa baru, dikarenakan jurusan Psikologi akan segera mendirikan Fakultas sendiri yaitu Fakultas Psikologi yang insya’allah akan segera direalisasikan 2 sampai 3 tahun kedepan. Dan penambahan jumlah mahasiswa baru adalah sebagai proses persiapan dan juga menjadi sebuah  persyaratan untuk dapat mendirikan Fakultas baru tersebut.

Makna PKKMB bagi mahasiswa baru adalah untuk mengenalkan dan memberi pengetahuan dasar tentang kehidupan kampus, selain itu untuk melatih mahasiswa baru untuk berfikir kritis dan intelektual agar lebih bisa memanajemen waktu dan lebih mandiri untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan menerapkan budaya 5s (senyum, salam, sapa, sopan, santun) yang menjadi sebuah karakter bagi Fakultas Ilmu Pendidikan.

Pembukaan PKKMB FIP dimulai pada tanggal 14 agustus 2017 dan resmi dibuka oleh Dekan FIP Drs. Sujarwanto, M.Pd ditandai dengan pelepasan balon dan pemukulan gong secara simbolis yang disaksikan oleh seluruh pasang mata mahasiswa baru 2017,  Panitia PKKMB 2017 dan seluruh civitas akademika selingkung FIP.

Acara PKKMB yang sudah menjadi sebuah kegiatan rutin setiap awal masuk mahasiswa baru ini, pada setiap tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari segi administrasi, keuangan maupun konsep kegiatan tersebut. Dibuktikan  dengan PKKMB 2017 kali ini banyak sesuatu hal yang baru dari kegiatan-kegiatan yang tidak dijumpai pada tahun 2016 diantaranya pengabdian kepada masyarakat, peduli literasi, dan peduli lingkungan dibuktikan dengan gerakan 1000 buku, pembuatan tempat sampah, dan menanam tanaman toga. Hal ini  merupakan bukti ide-ide kretivitas dari para panitia PKKMB FIP Unesa 2017.

Selain itu sebagai syarat kelulusan PKKMB, mahasiswa baru harus mengikuti seluruh materi yang disampaikan pada saat PKKMB, apabila ada salah satu materi yang tidak diikuti maka akan diganti dengan pemberian  tugas-tugas bagi mahasiswa baru pada hari tertentu. Dan berikut ini merupakan materi wajib sesuai kurikulum yang telah di rancang oleh pihak Universitas diantaranya yaitu  Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Unesa, Budaya akademik dan etika keilmuan, Struktur kelembagaan keuangan (UKT) sarana prasarana Unesa, Pola pengembangan mahasiswa dan wawasan kebangsaan, sosialisasi cinta tanah air, sosialisasi anti korupsi, Budaya literasi, Eco Campus, dan Progam Kreativitas Mahasiswa.

Pada hari kamis 17 Agustus 2017 seluruh civitas akademika selingkung Unesa dan seluruh mahasiswa baru Unesa 2017 menyelenggarakan Upacara HUT RI yang ke-72 di Rektorat yang baru Lidah Wetan Surabaya. Prof. Dr. Warsono, M.S., selaku rektor

Unesa yang menjadi  pembina upacara pada upacara tersebut menyampaikan dalam sambutannya Selamat datang kepada mahasiswa baru yang berjumlah 6000 mahasiswa baru di kampus Pendidikan Kota Pahlawan yang berkarakter idaman jelita, kalian termasuk orang-orang terpilih dari beribu-ribu pendaftar yang menginginkan untuk masuk di kampus tercinta ini. Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan kalian yang sangat berharga ini, maksimalkan semaksimal mungkin untuk mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya didunia akademik atau didunia perkuliahan. Harapan saya semoga apa yang kamu cita-citakan semuanya dapat tercapai dan dapat mewujudkan mimpi dalam rangka masa depan yang lebih baik.

Upacara HUT RI ditutup dengan pembentukan formasi lambang Unesa dan formasi lambang kemerdekaan 72 tahun Indonesia Kerja Bersama sebagai simbolis, diresmikannya 6000 mahasiswa baru menjadi mahasiswa Unesa tahun angkatan 2017.

Malam puncak PKKMB FIP 2017 dilakasanakan pada hari jum’at tanggal 18 Agustus 2017 yang dimeriahkan dengan penampilan inagurasi dari panitia dan seluruh mahasiswa baru yang menampilkan pertunjukkan di panggung, dari menyanyi, menari, drama, musikalisasi puisi, pantomim dan masih banyak penampilan yang lainnya. Dan tak kalah serunya stand up Unesa ikut memeriahkan dalam acara penutupan PKKMB FIP 2017. Canda, tawa,sedih, haru bercampur aduk menjadi satu setelah panitia PKKMB menampilkan cuplikan video dokumenter PKKMB yang telah selesai dilaksanakan selama 5 hari tersebut. Sri Kurnia Abdi Pradana selaku ketua BEM FIP 2017 memaparkan dengan selesainya dilaksanakan PKKMB FIP 2017 harapanya semoga mahasiswa baru bisa menjadi mahasiswa yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan bisa menjadi mahasiswa yang berkarakter “Idaman Jelita” sesuai dengan tema PKKMB FIP Unesa. Dan bisa menjadi mahasiswa yang memilki sifat kritis, mandiri, dan inspiratif.  (Aziz/PIF)