Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Gandeng Unesa menyelenggarakan Pelatihan Fun Game Bagi Guru PAUD

Surabaya, (5/9/2019) Jurusan PG PAUD FIP Unesa telah melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan fun games bagi guru PAUD di Kabupaten Jombang. Kegiatan ini dilakukan dengan ditandai adanya kerjasama antara Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Oleh karena itu, pembukaan dilakukan oleh Kepala Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Tim pelaksana PKM ini diketuai oleh Mallevi Agustin Ningrum, S. Pd, M. Pd. beserta anggota tim yang lain yakni Nurul Khotimah, S. Pd, M. Pd; Muhammad Reza, S. Psi, M. Si; Eka Cahya Maulidiyah, S. Pd, M. Pd; dan Sri Widayati, S. Pd, M.Pd. yang mana kesemuanya dari Jurusan PG PAUD FIP Unesa. Peserta pelatihan ini adalah guru PAUD yang mengajar di TK se-Kabupaten Jombang sejumlah 22 orang.

Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan bahwa terdapat permasalahan kurang optimalnya skill guru dalam membuat permainan yang menarik serta memiliki nilai kebaruan untuk anak usia dini. Hal tersebut dapat berdampak pada kepercayaan masyarakat serta orangtua anak kepada mutu lembaga serta berkurangnya daya saing lembaga PAUD. Untuk itu, tim PKM memberikan materi pelatihan fun games ini meliputi karakteristik perkembangan anak usia dini, adaptasi dan tantangan permainan berkearifan lokal bagi anak usia dini, dan sumber belajar/media/APE bagi anak usia dini yang mana teori-teori tersebut untuk menambah pengetahuan guru PAUD agar dapat mengembangkan permainan berkearifan lokal bagi anak usia dini dengan membuat APE sesuai karakteristik perkembangan anak.

Hasil program pengabdian yang ditujukan kepada guru-guru PAUD di Kabupaten Jombang ini adalah guru mampu membuat fun games yang memiliki nilai kebaruan serta sesuai dengan karakteristik perkembangan anak dan karakteristik lembaga PAUD. Hasil pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan dampak yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil pengerjaan soal pretest dan posttest peserta pelatihan yang mencapai peningkatan sebelum dan sesudah dilaksanakan program pengabdian kepada masyarakat ini.