BEM-FIP: Sukses Gelar Seminar Nasinal PPG dan LPDP 2017

Surabaya (8/10/2017) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas – Fakultas Ilmu Pendidikan atau biasa disingkat BEM F – FIP tahun ini kembali mengadakan seminar LPDP. Sebanyak 450 peserta meliputi Mahasiswa UNESA dan Luar UNESA (UNAIR, UINSA, ITS dan lain-lain) dan 50 panitia ikut berpartisipasi. Seminar yang bertempat di gedung Auditorium O5 lantai 3 FIP UNESA Lidah Wetan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena terdapat tambahan pembahasan tentang pentingnya PPG sehingga seminar tersebut berjudul Seminar Nasional PPG dan LPDP yang bertemakan “Create Your Career and Bright Future with PPG and LPDP Seminar”. Tujuan diadakannya seminar ini yaitu untuk memberikan gambaran secara umum kepada para mahasiswa agar kedepannya mereka tidak salah memilih tujuan dalam hidupanya.

 

Pembukaan acara Semnas PPG dan LPDP ditandai dengan pemukulan gong oleh Wadek Bidang 3 FIP Unesa yakni Bapak Heru Siswanto. Selanjutnya disambut dengan tarian daerah dari komunitas Tari FIP Unesa. Acara inti berlangsung komunikatif antara pemateri, moderator serta peserta, karena dikonsep seperti talk show. Seminar Nasional PPG dan LPDP tahun ini mendatangkan 3 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa LPDP, yakni Kak Ardi, Kak Renata, dan Kak Duhita serta mendatangkan kepala LP3M Unesa yakni Prof. Dr. Rusijono, M.Pd. Acara dipandu oleh Muhammad Nurul Ashar mahasiswa S1 jurusan Pendidikan Luar Biasa. Kehadiran Gus Ipul yang digantikan oleh Bu Tatik selaku Kepala Bidang Keguruan dan Ketenagakerjaan tak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta Semnas pada hari ini. Menurut Mizro’atul Ayzahroh, mahasiswa dari UINSA prodi Studi Agama-Agama mengatakan bahwa “Seminar yang diselenggarakan pada hari minggu ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya bisa mengisi waktu luang saya dengan menambah ilmu, dan dengan mengikuti seminar ini saya akhirnya lebih mengetahui apa rencana kedepan saya nantinya”.

 

Saat talkshow berlangsung, ketiga mahasiwa penerima beasiswa LPDP lebih menjelaskan bagaimana kiat-kiat sukses lolos LPDP, intinya harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran, selain itu kerjakan esay dengan sungguh-sungguh dan jujur. Mengutip perkataan dari Kak Duhita, “Segeralah kalian mengikuti organisasi yang ada dikampus, karena dengan itu soft skill kalian akan terbentuk dan bermanfaat saat pelatihan kepemimpinan”. Mahasiswa yang layak dipilih LPDP adalah mahasiswa yang memiliki kepribadian kuat dan berkomitmen membangun Indonesia menjadi negara maju tahun 2030. (DRS/SHF_PIF)